New Normal, Museum Vatikan dan Colosseum Italia Kembali Dibuka

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 406 2223250 new-normal-museum-vatikan-dan-colosseum-italia-kembali-dibuka-K9v9GHBHnz.jpg Colosseum Roma kembali dibuka (Foto : Stuff)

Italia sempat menjadi negara paling terdampak di dunia akibat pandemi Covid-19 dengan catatan angka kasus tertinggi di dunia.

Namun setelah berhasil melandaikan kurva kasus dengan salah satunya melakukan lockdown. Kini Italia diketahui mulai berbenah diri, memasuki era new normal.

Sekarang tempat-tempat publik yang awalnya benar-benar ditutup, sudah mulai dibuka kembali untuk umum pada pekan ini. Tapi dengan menerapkan aturan protokol baru bagi pengunjung.

Contohnya ada Museum Vatikan dan Roman Colosseum, yang sudah ditutup kurang lebih sejak tiga bulan lalu. Kini seperti dilapor Foxnews, Selasa (2/6/2020) Museum Vatikan dan Roman Colosseum sudah kembali beroperasi, kembali dibuka untuk para turis.

Namun meski sudah dibuka kembali untuk para turis pada Senin kemarin, Museum Vatikan dan Roman Colosseum yang sama-sama berada di kota Vatikan, Roma akan membatasi jumlah pengunjung. Kedua tempat wisata ini memberlakukan aturan ketat, membatasi jumlah berapa banyak pengunjung yang bisa masuk.

Colosseum Roma

Terkait kondisi yang dibuat sengaja tidak terlalu ramai, Alfonsina Russo, direktur Roman Colosseum mengatakan pada media, ia sendiri merasa antara nyata dan tidak nyata melihat Roman Colosseum yang biasa dipadati begitu banyak turis, kini terlihat lebih lenggang dengan pembatasan jumlah turis.

Tapi di sisi lain, Alfonsina menyebutkan situasi ini bisa menjadi peluang untuk bisa lebih menyoroti keindahan, kecantikan besar yang ditawarkan oleh Roman Colosseum.

Dengan kembali dibuka untuk umum, pihak pengelola Roman Colosseum sendiri memprediksikan sekitar 300 orang pengunjung akan berkunjung. Begitu jauh dari jumlah turis harian yang biasanya datang ke Roman Colosseum. Seperti pada 2019 yang rata-rata mencapai hingga 20.000 orang turis.

Sedangkan Museum Vatikan, yang pada situasi sebelum pandemi corona disebutkan bahkan biasanya tidak dapat diakses karena banyaknya wisatawan yang datang, diketahui juga melakukan pembatasan pengunjung. Pihak resmi Museum Vatikan membatasi jumlah pengunjung yang berada di Chapel Sistine, hanya boleh sebanyak 25 orang yang masuk sekaligus.

Museum Vatikan

Kembali dibuka untuk umum, Roman Colosseum dan Museum Vatikan menerapkan protokol wajib cek suhu tubuh dan menggunakan masker bagi semua pengunjung. Museum Vatikan juga menambah persyaratan lain, bagi para pengunjung yang hendak berkunjung harus melakukan reservasi, pemesanan tempat dahulu sebelumnya.

Sementara itu, selain Roman Colosseum dan Museum Vatikan, beberapa tempat wisata lain di Italia juga akan kembali dibuka dalam waktu dekat. Seperti Uffizi Galleria di Florence dan Galleria dell’Accademia (rumah dari seniman Michelangelo David).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini