Saat New Normal Berlaku, Indonesia Siap Sambut Wisatawan India

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 19:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 406 2227151 saat-new-normal-berlaku-indonesia-siap-sambut-wisatawan-india-5TdNUJ9ugn.jpg Ilustrasi. Humas Kemenparekraf)

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama perwakilan promosi pariwisata Indonesia (Visit Indonesia Tourism Officer/VITO) di New Delhi dan Mumbai melakukan product update pariwisata untuk pasar India, sebagai salah satu strategi promosi (soft selling) di tengah pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya mengatakan, pemerintah Indonesia telah menyiapkan strategi dan upaya kesiapan Indonesia memasuki masa new normal serta product update untuk pasar India.

wisatawan

Tercatat sebanyak 140 industri pariwisata yang berasal dari India dan Indonesia mengikuti kegiatan webinar ini.

“Webinar ini dilakukan untuk menjaga brand awareness Indonesia terutama di pasar India, sehingga nantinya wisatawan mancanegara asal India tidak perlu ragu untuk mendatangi Indonesia karena pemerintah Indonesia sudah menyiapkan kebijakan di destinasi wisata sebagai upaya tanggap terhadap the new normal, yaitu gerakan Indonesia bersih, sehat, dan aman (Cleanliness, Health and Safety/CHS),” kata Nia Niscaya, dalam webinar yang bertema “The Future of Indonesian Tourism Marketing in India”, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (9/6/2020).

Nia mengatakan, pandemi COVID-19 telah mengubah banyak hal dalam kehidupan, termasuk sektor pariwisata. Pemberlakuan physical distancing dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ikut mengubah pola pemasaran pariwisata dalam waktu singkat.

Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang tepat dengan tujuan untuk mempertahankan eksistensi pariwisata Indonesia di masing-masing pasar.

Artinya, pelaku pemasaran pariwisata harus mengambil langkah yang berani dengan mencari strategi dan peluang baru dalam menghadapi situasi yang tidak menguntungkan ini.

"Harapannya, Indonesia tetap menjadi favorit bagi wisman untuk berkunjung, terutama wisman asal India," tambah Nia Niscaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini