Pelaku Wisata Diminta Sediakan Fasilitas yang Utamakan Kebersihan dan Kesehatan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 406 2228395 pelaku-wisata-diminta-sediakan-fasilitas-yang-utamakan-kebersihan-dan-kesehatan-Oi53PremtR.jpg Hotel harus ikuti protokol kesehatan (Foto: Kemenparekraf)

Pandemi COVID-19 dipastikan akan membawa perubahan besar terhadap minat wisatawan dalam berwisata. Wisatawan diprediksi akan lebih mengedepankan aspek keamanan dan kesehatan.

Melihat perubahan perilaku wisatawan ini, seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan juga ekonomi kreatif harus meresposnya dengan baik dan tepat. Yakni berjuang keras meyakinkan wisatawan bahwa berwisata di Indonesia itu aman dan sehat.

Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf Agustini Rahayu mengatakan, baik pemerintah, pelaku usaha, maupun pemangku kepentingan lainnya harus mampu beradaptasi, menciptakan inovasi dan meningkatkan daya saing sebagai respons terhadap perubahan.

 destinasi wisata

"Akan terjadi perubahan perilaku yang mendasar dari wisatawan. Nantinya wisatawan akan lebih mengedepankan faktor kebersihan, kesehatan dan keselamatan serta keamanan, sehingga industri harus dapat beradaptasi untuk dapat meyakinkan konsumennya bahwa fasilitas mereka dapat memenuhi faktor dimaksud," kata Agustini Rahayu seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (10/6/2020).

 Baca Juga : Cegah Covid-19, Bawa 4 Keperluan Pribadimu Sendiri saat ke Kantor

The World Tourism Organization (UNWTO) bahkan menyatakan kini saatnya untuk melakukan peninjauan ulang terhadap standarisasi pariwisata untuk menghadapi tuntutan kebutuhan itu melalui pedoman global pembukaan kembali fasilitas pariwisata yang mereka sebut Global Guidelines to restart tourism.

Organisasi itupun telah merilis pedoman yang dijadikan acuan industri pariwisata terkait perubahan perilaku wisatawan secara umum.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini