Misteri Ding Wuling, Desa di China yang Bebas Nyamuk Hampir Satu Abad

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 20:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 406 2228552 misteri-ding-wuling-desa-di-china-yang-bebas-nyamuk-hampir-satu-abad-fRbw6qQCH3.jpg Desa Ding Wuling di China bebas nyamuk selama satu abad (Foto : Odditycentral)

Pepohonan rimbun, kolam-kolam air adalah tempat yang subur bagi nyamuk untuk berkembang biak. Sayangnya hal tersebut tidak berlaku pada salah satu desa di China yang bernama Ding Wuling. Kabarnya makhluk kecil yang hobi menghisap darah itu belum pernah terlihat di tempat ini hampir satu abad lamanya.

Desa Ding Wuling terletak di perbukitan Provinsi Fujian di China. Letaknya di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, membuat Desa Ding Wuling menjadi rumah bagi minoritas Hakka. Orang-orang dengan sejarah dan budaya yang sangat kaya telah membuat arsitektur unik dari rumah-rumah batu yang mereka buat.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, budaya dan arsitektur desa yang indah ini telah dibayangi oleh misteri yang diviralkan oleh media lokal dengan tidak adanya nyamuk. Padahal tempat ini ditutupi dengan kanopi yang subut dan dikelilingi oleh vegetasi desa yang dikabarkan bebas dari nyamuk.

Desa Ding Wuling

Sebagaimana dilansir Oddity Central, Kamis (11/6/2020), tidak jelas apakah ilmuwan pernah melakukan penyelidikan untuk mengungkap misteri ini. Tapi sebagian besar masyarakat Ding Wuling percaya tidak adanya nyamuk berhubungan dengan batu berbentuk kodok. Beberapa orang bahkan menyembah batu tersebut di luar desa.

Baca Juga : Mau ke Pasar saat Pandemi Covid-19? Simak Tips Dokter Reisa Broto Asmoro

Banyak orang yang percaya batu berbentuk kodok tersebut adalah representasi dari kodok dewa yang menjaga nyamuk. Penjelasan populer lainnya terkait dengan kebiasaan penduduk setempat mengumpulkan sampah dan menguburnya di lereng bukit dekat desa membantu menjaga Ding Wuling terbebas dari nyamuk.

Pada 2016 surat kabar China People’s Daily awalnya melaporkan misteri desa bebas nyamuk ini. Penduduk setempat mengatakan bahwa mereka berharap para ahli dapat segera memberika jawaban yang pasti untuk misteri yang telah menempatkan Ding Wuling sebagai tempat wisata.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini