Mal Akan Dibuka, Anies Minta Pengelola Jamin Adanya Protokol Kesehatan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 406 2228556 mal-akan-dibuka-anies-minta-pengelola-jamin-adanya-protokol-kesehatan-I94V1Ow0Kt.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEMERINTAH DKI Jakarta memang tengah membuat masa transisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi era new normal. Selain perkantoran, mal dan tempat hiburan pun akan dibuka.

Oleh karena itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun mulai memantau simulasi penerapan protokol kesehatan di mal. Rencananya, mal akan dibuka pada 15 Juni mendatang.

Menurut Anies, setelah tiga bulan kegiatan berhenti karena alasan wabah penyakit. Oleh karena itu, harus ada protokol kesehatan yang dipenuhi jika ingin membuka kembali tempat umum tersebut.

"Maka pada saat beroperasi dia harus tetap membuat pengunjung merasa aman," kata Anies, mengunjungi Emporium Pluit Mall, Penjaringan, Jakarta Utara.

Anies pun mengingatkan bahwa pembukaan mal tidak seperti pada krisis ekonomi pada 1998. Mal dan pasar ditutup karena adanya pandemi Covid-19 di Ibu Kota.

Ia pun kembali mengingatkan bahwa pengelola mal harus menjamin kapasitas tampung mal maksimal 50%. Sehingga, pengelola harus selalu memantau kafe hingga toko di mal tersebut.

Selain itu, mantan Mendikbud itu juga meminta pengelola menjamin pengunjung untuk menjaga jarak aman dan memakai masker, hingga menyiapkan banyak tempat cuci tangan.

"Itu prinsip dasar yang harus diikuti. Karena pusat perbelanjaan punya desain yang berbeda, alur keluar masuk berbeda, maka tiap pusat belanja menerjemahkan sesuai desain rancangannya," tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Aprindo Dasep Suryanto mengatakan, ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi dalam penerapan new normal ini. Salah satunya adalah masalah konsistensi baik dari pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat.

Biasannya, pada awal-awal penerapan, protokol kesehatan yang dijalankan masih sangat ketat. Namun seiring berjalannya waktu, protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah ini biasanya akan buyar jika tidak disiplin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini