Candi Borobudur Segera Dibuka, Ganjar Pranowo Sosialisasi Protokol Kesehatan yang Wajib Dipatuhi Wisatawan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 406 2228909 candi-borobudur-segera-dibuka-ganjar-pranowo-sosialisasi-protokol-kesehatan-yang-wajib-dipatuhi-wisatawan-yCiknhopGb.jpg Ganjar Pranowo tinjau protokol kesehatan di Candi Borobudur (Foto : @twc_mediaa/Instagram)

Sejumlah destinasi wisata mulai dibuka secara bertahap selama masa transisi menuju new normal. Salah satu destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi kembali adalah Candi Borobudur. Meski demikian para pengunjung yang ingin berwisata harus tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku untuk menjamin keselamatan bersama.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pun membagikan protokol kesehatan yang wajib diterapkan oleh para pengunjung saat hendak berwisata menuju Candi Borobudur melalui akun Instagram resminya @ganjar_pranowo.

Dalam video tersebut, setiap pengunjung diharapkan untuk wajib mencuci tangan dengan sabun saat memasuki kawasan candi. Peraturan social distancing sejauh satu meter dengan pengunjung lain serta penggunaan masker juga wajib diterapkan selama berada di tempat ini.

Ganjar Pranowo

Para pengunjung juga akan dipandu oleh tour guide saat berkeliling kompleks candi. Sementara jumlah wisatawan akan dibatasi maksimal lima ribu orang setiap harinya.

“Memang ini agak berbeda dengan kondisi biasa tapi kita harapkan tetap bisa piknik tapi protokol kesehatan dilakukan,” terang Ganjar, Jumat (12/6/2020).

Baca Juga : Story Telling Bikin Pengalaman Berwisata Jadi Luar Biasa

Meski segera dibuka, namun para pengunjung yang datang ke Candi Borobudur belum diperkenankan untuk naik ke atas candi. Hal ini demi menjaga kelestarian Candi Borobudur sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Mohon maaf belum semuanya boleh naik (Candi) dan kemungkinan terlalu banyak batu yang dipegang. Sehingga nanti kalau banyak disemprot (desinfektan) juga kita khawatir itu akan memengaruhi kondisi candi. Anda akan piknik pada daerah-daerah yang dibatasi,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini