Mau Liburan di New Normal? Siap-Siap Budget Tambah Banyak!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 19:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 406 2229143 mau-liburan-di-new-normal-siap-siap-budget-tambah-banyak-Nfy1uL24hI.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Sudah dengar beberapa tempat wisata siap buka di New Normal? Ini memang angin segar buat siapapun yang sudah bosan di rumah saja.

Tapi, ada fakta yang mesti Anda ketahui. Ini berkaitan dengan budgeting perjalanan yang diperkirakan akan naik drastis. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya penerapan protokol kesehatan.

Diterangkan Yunita dari Kumbang Travel yang berbasis di Surabaya, ada beberapa protokol kesehatan yang mesti dijalani wisatawan saat berlibur di New Normal. Secara tidak langsung, ini memengaruhi perencanaan pengeluaran Anda saat berlibur.

"Untuk rombongan wisatawan, yang kira-kira berisi 40 orang lebih, sekarang ini Anda tak bisa lagi hanya mengandalkan satu bus saja untuk berwisata. Sebab, adanya aturan pembatasan kapasitas orang di dalam kendaraan," papar Yunita saat dihubungi Okezone, Jumat (12/6/2020).

Rencana Liburan

Selanjutnya, pengeluaran tambahan juga akan ditemukan saat Anda akan melancong ke luar kota atau pulau. Ya, sekarang ini Anda mesti mengantongi 'Surat Sehat' sebagai bekal utama sebelum akhirnya bisa bepergian untuk liburan.

Baca Juga : Jadi Zona Hitam Corona, Mal di Surabaya Kok Malah Buka

Surat sehat ini antara lain surat pernyataan Anda negatif Covid-19 berdasar uji tes PCR yang berlaku 7 hari atau surat keterangan Rapid Test dengan hasil non reaktif yang berlaku 3 hari.

Sementara itu, bagi Anda yang tinggal di wilayah yang tak menyediakan test PCR dan/atau Rapid Test, bisa menggantinya dengan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan dokter rumah sakit atau puskesmas.

"Melakukan tes kan nggak semuanya gratis, mesti bayar lagi. Kemudian, Anda juga mesti siap sedia masker cadangan selama masa perjalanan, butuh uang lagi kan? Belum beli face shield dan hand sanitizer," ungkap Yunita.

Pakai Masker

Ia menekankan, ingat ini bukan liburan di waktu sebelum pandemi yang mana Anda nggak mesti ngurus sana-sini sebelum berangkat. "Sekarang zamannya berbeda dan karena itu, perencanaan perjalanan juga mesti mempertimbangkan anggaran baru ini," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini