Pandemi Covid-19, Menparekraf Wishnutama Yakin Setiap Tantangan Selalu Ada Peluang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 15 Juni 2020 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 406 2230167 pandemi-covid-19-menparekraf-wishnutama-yakin-setiap-tantangan-selalu-ada-peluang-fXl5d0euWM.jpg Wishnutama (Foto: Kemenparekraf)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, saat ini tidak hanya di Indonesia tapi juga seluruh negara di dunia memiliki tantangan yang besar dalam menghadapi pandemi Covid-19. Namun dia percaya bahwa di setiap tantangan selalu ada peluang.

Kemenparekraf mencoba mentransformasikan tantangan tersebut menjadi sebuah kesempatan besar untuk berkolaborasi antara pemerintah dengan pihak swasta termasuk komunitas investasi sosial.

"Penting bagi kita untuk bersama-sama menghadapi tantangan dan mengambil kesempatan tersebut," kata Wishnutama dalam ASIAN Venture Philantrophy Network (AVPN) Conference 2020 belum lama ini.

destinasi wisata di Bali

Menparekraf dan Wamenparekraf menyambut baik rencana penyelenggaraan AVPN Conference 2021 yang akan digelar pada Juni 2021 di Bali. "Sampai bertemu di Bali," ujar Wishnutama penuh semangat.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengatakan, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. Dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk komunitas investasi sosial untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lokal dan meningkatkan kapasitas bisnis UMKM serta menstimulus sektor-sektor yang terkena dampak dengan membangun kembali ekosistem bisnis yang kondusif.

Baca juga: Tak Perlu Khawatir Adakan Resepsi Pernikahan, Asal Terapkan Protokol Kesehatan Ini

Menurutnya, dalam memasuki masa new normal digitalisasi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar dapat menunjang pelaku usaha, khususnya UMKM untuk dapat bertahan dalam masa ini.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini