Sudah Gak Sabar ke Bali? Sabar, Menparekraf Wishnutama Sinyalkan Akan Dibuka Bertahap

Bagus Alit, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 406 2231574 sudah-gak-sabar-ke-bali-sabar-menparekraf-wishnutama-sinyalkan-akan-dibuka-bertahap-VeK6sgFWh9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio, telah memantau langsung kesiapan Bali dalam mempersiapkan tatanan kehidupan baru atau new normal di sektor pariwisata.

Dalam kesempatan tersebut, Wishnutama memberi sinyal pembukaan destinasi wisata di Pulau Dewata akan dilakukan secara bertahap. Sebelum di buka secara resmi, sejumlah destinasi wisata rencananya akan diuji coba terlebih dahulu dan untuk tahap awal hanya diperuntukkan untuk wisatawan domestik.

Selain memantau kesiapan fasilitas kesehatan yang berada dekat dengan destinasi wisata, maupun simulasi penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat wisata, Wishutama juga memanfaatkan kunjungannya ke Bali untuk memantau kesiapan berbagai akomodasi wisata dalam menyambut tatanan kehidupan baru atau new normal di sektor pariwisata.

Saat meninjau salah satu hotel di kawasan ITDC Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Bali, Wishutama Kusubandio beserta jajaran pun memastikan bahwa pengelola akomodasi wisata disiplin dalam menerapkan berbagai protokol kesehatan. Salah satunya, adalah penempelan stiker panduan berwarna kuning hitam di lantai agar physical distancing tetap terjaga.

Pemantauan kemudian berlanjut ke obyek wisata water blow yang terletak di pulau peninsula, kawasan ITDC Nusa Dua. Menparekraf Wishutama Kusubandio menegaskan Kementerian Pariwisata telah mewajibkan penerapan protokol kesehatan terutama terkait cleaniness, health, and safety yang nantinya menjadi acuan di seluruh obyek wisata di tanah air.

Terkait kemungkinan waktu pembukaan pariwisata di Bali, Wishutama menyebut tidak akan terburu-buru membuka pariwisata. pembukaan pariwisata harus dilakukan dengan sangat hati-hati, jangan sampai setelah di buka justru ada penularan.

Di tempat terpisah, hal yang sama juga disampaikan # Badung I Nyoman Giri Prasta. Sebagai sentral pariwisata di Bali, kabupaten Badung hingga kini baru menyelesaikan verifikasi terhadap kesiapan berbagai destinasi di wilayahnya menyambut penerapan new normal pariwisata.

Tahapan pembukaan destinasi wisata nantinya dilakukan secara detail dan bertahap dengan memperhitungkan perkembangan wilayah serta pertumbuhan kasus covid-19. Kabupaten Badung juga enggan terpancing dengan desakan sejumlah pihak yang meminta destinasi wisata bisa segera di buka.

Selain meninjau obyek wisata water blow, selama 3 hari kunjungannya di Bali, Menparekraf Wishutama Kusubandio beserta rombongan dijadwalkan melakukan pengecekan SOP protokol kesehatan di obyek wisata Uluwatu-Pecatu dan GWK cultural park-ungasan, Badung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini