Begini Cara ke Candi Arjuna di Dieng, Mudah Banget!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 406 2231660 begini-cara-ke-candi-arjuna-di-dieng-mudah-banget-sdmc35EI1k.jpg Destinasi Candi Arjuna (Foto: Inst Pesona Dieng Jawa Tengah)

Dieng merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang cukup diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat ini memang menyuguhkan segudang aktivitas wisata menarik dengan suguhan pemandangan alam yang sangat elok.

Kabar baiknya, belum lama ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan tinjauan langsung di area Kompleks Candi Arjuno, setelah dikabarkan akan kembali dibuka untuk umum.

Meski belum ditentukan tanggal pastinya, pihak pengelola Candi Arjuno telah melakukan berbagai persiapan. Termasuk menerapkan sejumlah protokol kesehatan seperti pemasangan garis-garis pembatas, pengadaan tempat cuci tangan, mengatur proses antrean masuk hingga kesiapan petugas untuk melayani wisatawan.

 Candi Arjuna

"Selain itu, disediakan pula pengecekan suhu badan hingga petugas yang mengenakan masker dan face shield. Dan kami juga akan memaksimalkan pemandu wisata," ujar salah satu pengelola Candi Arjuno Dieng, Dwi Suryanto kepada Okezone.

Nah, bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin menjajal langsung wisata alam di kawasan Dieng sembari mempelajari peninggalan-peninggalan bersejarah di Kompleks Candi Arjuna, berikut Okezone rangkumkan rute dan cara praktis menuju destinasi wisata tersebut.

Kendaraan pribadi

Kompleks Candi Arjuna terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provnsi Jawa Tengah. Dataran tinggi Dieng memang terdiri dari dua kabupaten yakni Banjarnegara dan juga Wonosobo.

Sehingga ada beberapa rute yang bisa dilalui wisatawan apabila ingin menyambangi candi ini. Pertama, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi kemudian arahkan kendaraan menuju ke Kota Wonosobo (alun-alunnya).

Baca juga: 8 Makanan Indonesia dalam Bahasa Prancis, Mana Paling Susah Diucapkan?

Dari alun-alun ini arahkan kendaraan menuju Dieng. Anda bisa menggunakan peta digital, karena rutenya sendiri tidak terlalu rumit. Namun perlu diketahui bahwa jalur menuju Dieng dipenuhi tanjakan dan tikungan tajam. Tapi jangan khawatir, jalanannya mulus kok Okezoners!

Sepanjang perjalanan, nikmatilah pemandangan alam yang tersaji begitu cantik di sisi kanan maupun kiri jalan.

Pakai transportasi umum

Nah, bagi wisatawan yang ingin menggunakan transportasi umum dan berangkat dari Yogyakarta, bisa mengambil bus menuju Kota Wonosobo. Setelah itu, Anda bisa langsung mencari minibus dengan tujuan Dieng.

Harga tiketnya cukup terjangkau kok hanya berkisar Rp20 ribu per orang, dengan durasi perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam. Sesampainya di Dieng Anda bisa langsung menuju ke Kompleks Candi Arjuna dengan menggunakan jasa ojek pangkalan. Kalau punya waktu berlebih, mampirlah ke objek wisata Telaga Warna.

Selamat liburan! Jangan lupa selalu taati protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah dan Kementerian Kesehatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini