Penumpang Kereta Api Lokal Dilarang Bicara dan Wajib Pakai Baju Lengan Panjang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 406 2232861 penumpang-kereta-api-lokal-dilarang-bicara-dan-wajib-pakai-baju-lengan-panjang-qr19A7Y1SZ.jpg Kereta api lokal (Foto: Okezone)

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah memutuskan untuk membuka kembali perjalanan kereta api jarak jauh dan lokal secara bertahap pada 12 Juni 2020.

Namun, ada sejumlah kebijakan dan protokol kesehatan yang wajib dipatuhi oleh para penumpang maupun wisatawan. Salah satunya ketentuan bagi penumpang yang menaiki kereta api lokal.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, khusus untuk penumpang KA Lokal, penumpang tidak diperbolehkan berbicara di dalam kereta.

 kereta api

"Dilarang ngobrol di atas kereta api lokal, tujuannya untuk menghindari penularan Covid-19 melalui droplet. Kami juga mewajibkan penumpang mengenakan baju lengan panjang, supaya meminimalisir risiko penularan Covid-19 lewat sentuhan," tegasnya saat dihubungi Okezone via sambungan telepon, Jumat (19/6/2020).

Joni menambahkan, aturan tersebut memang sengaja diterapkan dan diadopsi langsung dari ketentuan yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan.

Pasalnya, sebagian penumpang KA Lokal juga terdiri dari anak-anak dan lansia. Untuk itu, pihak KAI juga mewajibkan para penumpang mengenakan masker dan menerapkan kebijakan jaga jarak sosial dengan mengurangi jumlah penumpang dalam satu kali perjalanan.

"Jumlah maksimal dalam satu kali perjalanan itu 70%. Ini memang sengaja dilakukan dalam rangka menjaga jarak. Kami juga menyediakan wastafel di area stasiun, dengan harapan penumpang akan mencuci tangannya sebelum dan sesudah menaiki kereta," kata Joni.

Baca juga: Aturan Physical Distancing di Dalam Kereta Api, Traveler Wajib Tahu!

Perlu diketahui, untuk rute yang termasuk dalam kategori KA Lokal sendiri memiliki jarak tempuh antara 1-2 jam. Contohnya, kereta dengan rute Padalarang-Cicalengka, Purwakarta-Tanjung Priuk, Purwakarta-Bandung, Bandung-Cibatu, Jakarta-Purwakarta, termasuk kereta jenis Prameks (Prambanan Express) dengan rute Solo-Yogyakarta.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini