Share

Besok Taman Mini Indonesia Indah Buka Lagi, Simak 7 Aturan Barunya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 406 2233011 besok-taman-mini-indonesia-indah-buka-lagi-simak-7-aturan-barunya-0lAXMHyxQl.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

TAMAN Mini Indonesia Indah (TMII) resmi kembali dibuka Sabtu 20 Juni 2020, setelah sempat ditutup selama hampir tiga bulan. Berbagai persiapan dan kebijakan baru telah dikeluarkan demi menjaga keamanan dan kenyamanan para pengunjung. Termasuk penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Bahkan, sejak dua minggu terakhir, pihak TMII telah melakukan simulasi pembukaan untuk memastikan agar nantinya pengunjung benar-benar mengikuti protokol kesehatan.

"Persiapan-persiapan sudah dilakukan sesuai protokol kesehatan. Pada 4 Juni 2020 kemarin kita sudah melakukan simulasi bagaimana kita menerima kunjungan sesuai protokol kesehatan," ujar Sahda Silalahi, Kabag Humas TMII, saat dihubungi Okezone via sambungan telepon, Jumat (19/6/2020).

Baca Juga: Ancol Mulai Buka Besok, Simak Cara Pesan Tiketnya agar Bisa Masuk

Lebih lanjut Sahda menjelaskan, beberapa protokol kesehatan yang memang wajib dipatuhi pengunjung selama berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Apa saja?

Rajin cuci tangan

cuci tangan

Di pintu masuk TMII, sudah disediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun dan air mengalir. Diharapkan semua pengunjung mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk.

Cek suhu tubuh

Kemudian, petugas akan mengukur suhu tubuh pengunjung satu per satu. Apabila suhu tubuh normal akan dipersilahkan masuk ke area wisata. Namun jika suhu tubuhnya tinggi (lebih dari 37,5 derajat celcius) maka akan diarahkan ke tempat yang sudah disiapkan untuk istirahat sejenak.

"Di tempat ini nanti kita ukur lagi suhu tubuhnya, kalau sudah normal bisa melanjutkan perjalanan, tapi kalau masih tinggi akan kita anjurkan ke pos kesehatan yang sudah tersedia. Ibu hamil, anak di bawah usia 5 tahun, dan lasia masih belum diperkenankan berkunjung," ungkapnya.

Wajib masker

Selain itu, pengunjung juga diwajibkan memakai masker karena ini menjadi salah satu peraturan wajib untuk memasuki area wisata. Kendati demikian, pengunjung tidak perlu khawatir karena pihak TMII sudah menyiapkan masker di pintu masuk apabila membutuhkan.

Handsanitizer

Setiap selesai transaksi, dianjurkan untuk memakai handsanitizer yang sudah disiapkan juga di pintu masuk.

Beli tiket online

tmii

Untuk pembelian tiket masuk TMII, Sahda mengatakan bahwa saat ini tiket bisa didapatkan secara online, melalui situs resmi TMII.

"Kami menganjurkan transaksi cashless. Tapi memang masih melayani secara manual apabila ada pengunjung yang belum pesan tiket secara online," kata Sahda.

Jam kunjungan terbatas

Pada tahap pembukaan pertama ini, Taman Mini Indonesia Indah juga memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung menjadi maksimal 20.000 ribu setiap harinya. Jam operasionalnya pun berubah mulai pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB.

Tak semua wahana buka

"Selain itu, belum semua wahana yang dibuka di awal-awal buka selama new normal ini. Yang buka baru wahana taman, museum dan anjungan daerah. Wahana air seperti Snow Bay Water Park dan juga Teater Imax Keong Emas belum dibuka. Jadi wahana nanti akan dibuka secara bertahap," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini