Destinasi Air Terjun Kima Atas Manado, Ikon Wisata yang Mulai Terbengkalai

Subhan Sabu, Jurnalis · Minggu 21 Juni 2020 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 21 406 2233747 destinasi-air-terjun-kima-atas-manado-ikon-wisata-yang-mulai-terbengkalai-piw59rl4ez.jpg Air Terjun Kima Atas Kota Manado (Foto : Subhan Sabu/Okezone)

MANADO - Air Terjun Kima Atas merupakan satu-satunya air terjun yang ada di Kota Manado, Sulawesi Utara. Sesuai dengan namanya, air terjun ini berada di Kelurahan Kima Atas, Kecamatan Mapanget.

Untuk sampai ke tempat ini menempuh jarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Manado. Dari jalan utama menuju lokasi air terjun bisa ditempuh dengan waktu sekitar 25 menit. Jalannya pun sudah lumayan bagus sehingga kendaraan bisa parkir di depan jalan masuk menuju air terjun.

Air Terjun

Sepanjang perjalanan menuju air terjun ini anda akan disuguhi pemandangan indah, ada hutan yang hijau dan asri, ladang-ladang, perkebunan kelapa, serta pemukiman warga.

Air terjunnya tidak terlalu tinggi, sekira 8 meter dengan bentuk melebar. Aliran airnya juga tidak jernih namun tetap saja terlihat indah. Arus airnya tidak kuat sehingga bisa untuk berenang di kolam kecil yang terbentuk dari jatuhan air.

Air Terjun Kima Atas

Bagi yang tidak ingin mandi, di dekat lokasi terdapat saung kecil yang bisa dijadikan tempat beristirahat bagi pengunjung sambil menikmati suasana alam yang asri dengan pepohonan yang rindang dan jauh dari kebisingan.

Baca Juga : Rayakan Ulang Tahun ke-59, Intip Potret Keharmonisan Presiden Jokowi dengan Keluarga

Jika ingin datang ke tempat ini, sebaiknya datang di hari libur. Karena di hari biasa, tempat ini sangat sunyi. Jangan lupa untuk membawa bekal, karena tidak ada satupun tempat yang menjual makanan maupun warung di sekitar lokasi.

Sayangnya Air terjun yang merupakan salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi ini kondisinya tidak terawat. Tangga turun ke lokasi sudah banyak yang rusak, saung tempat istirahat juga kondisinya sangat memprihatinkan.

Engelin Waani, warga Mapanget mengatakan bahwa papan nama tempat wisata masih ada, padahal kalau mau dilihat, seakan tidak ada perawatan sama sekali.

Air Terjun Kima Atas

Apalagi menurutnya, Air Terjun Kima Atas sudah cukup terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi oleh wisatawan.

"Apa itu masih boleh dikatakan ikon tempat wisata Kima Atas, tidak logis memang, tempat wisata yang masih jadi ikon tapi tidak diurus. Waktu itu jalannya masih rusak sekali, sekarang sudah bagus, tapi sayang hanya sampai di jalan, sedang lokasi wisata tidak diperhatikan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini