HUT Jakarta, Nostalgia Tempat Muda-mudi Ibu Kota Pacaran di Era 90-an

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 21 Juni 2020 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 21 406 2233859 hut-dki-jakarta-nostalgia-tempat-muda-mudi-ibu-kota-pacaran-era-90-an-nXHNkwffLM.jpg Nostalgia Melawai

Besok 22 Juni 2020 Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta akan merayakan ulang tahun ke-493. Biasa digelar meriah, HUT DKI Jakarta tahun ini terasa berbeda.

Misalnya, pada perayaan HUT DKI Jakarta ke-493 ini untuk pertama kalinya tidak diadakan perhelatan Pekan Raya Jakarta sejak pertama kali digelar pada tahun 1968. Tentu hal ini tentu terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19.

Meskipun tidak ada perayaan seperti tahun-tahun sebelumnya, Okezone ingin mengajak bernostalgia melihat sejumlah tempat di DKI Jakarta yang ngehits di era 90-an. Tempat-tempat ini biasanya dijadikan muda-mudi Jakarta pacaran lho!

Kalau penasaran, yuk simak ulasannya di bawah ini, seperti dilansir Okezone dari berbagai sumber :

Taman Ria Senayan

Taman Ria Senaya

(Foto : Jakarta.go.id)

Taman Ria Senayan pada awalnya merupakan tempat nongkrong yang populer di era 70-an. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini juga sangat digandrungi oleh generasi 90-an.

Taman ini merupakan tempat nongkrong dan pacaran yang nyaman karena memiliki taman terbuka hijau serta memiliki telaga buatan yang sangat luas untuk bermain sepeda air dan perahu motor.

Sayangnya, tempat tersebut kini hanya tinggal kenangan. Pada 2015 lalu, Taman Ria Senayan resmi ditutup untuk dijadikan apartemen.

Baca Juga : Presiden Jokowi Ultah ke-59, Intip 5 Momen Romantisnya Bersama Iriana

Parkir Timur Senayan

Parkit

(catatansiubay.files.wordpress.com)

Masih dari kawasan Senayan, ada satu lagi tempat yang sering dijadikan lokasi pacaran oleh anak muda Jakarta. Apalagi kalau bukan Parkir Timur Senayan. Anak generasi 90-an pasti sudah familiar banget dengan tempat ini.

Selain menjadi tempat ngeceng favorit, Parkir Timur Senayan juga merupakan lokasi para anak gaul memamerkan mobil modifikasi mereka. Sekarang, Parkir Timur Senayan lebih sering digunakan untuk venu konser band-band lokal maupun mancanegara.

Melawai

Terletak di Kecamatan Keb. Baru, Jakarta Selatan, Melawai menyimpan banyak kenangan bagi remaja dan anak nongkrong era tahun 80an. Pada saat itu, Melawai memang dijadikan lokasi nongkrong dan pacaran bagi muda-mudi Jakarta.

Melawai

(Foto : Kaskus.co.id)

Bahkan dulu sempat beken istilah "Mejeng" dan "JJS" (Jalan-Jalan Sore) di kalangan anak anak muda Jakarta. Mejeng merupakan salah satu cara anak anak gaul era tahun 80an untuk mengekspresikan sesuatu hal yang baru dan up to date.

Termasuk ajang saling tebar pesona dan "pameran". Mulai dari pamer mobil wah di jamannya, trend fashion, musik, dan lain lain. Kini, daerah Melawai masih menjadi lokasi nongkrong favorit dengan beragam pilihan cafe dan tempat makan yang asyik dan ramah kantong.

Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang

(Foto Taman Situ Lembang, Jakarta, 1965-an dan 2016 : Pinterest)

Pada jamannya, Taman Situ Lembang sering dijadikan tempat 'cabut'(bolos) anak-anak sekolah. Ya, meski pada saat itu Jakarta memiliki banyak taman, namun banyak anak-anak muda yang memilih nongkrong dan pacaran di Taman Situ Lembang.

Lokasinya memang terbilang strategis karena berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Saat ini, Taman Situ Lembang masih beroperasi namun lebih sering dijadikan objek wisata berbasis keluarga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini