Kapan Tempat Wisata di Yogyakarta Kembali Dibuka? Ini Jawaban Kadispar

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 406 2234264 kapan-tempat-wisata-di-yogyakarta-kembali-dibuka-ini-jawaban-kadispar-xOQvsb8PpB.jpg Ilustrasi. (Okezone)

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta secara resmi telah membuka kembali sejumlah objek wisata di ibu kota, pada Sabtu 20 Juni 2020 secara bertahap. Lantas bagaimana dengan nasib destinasi wisata di daerah lainnya, seperti Yogyakarta?

Kepada Okezone, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Singgih Raharjo mengatakan, pemerintah daerah saat ini masih melakukan berbagai persiapan termasuk merancang protokol kesehatan dan standar operasional prosedur (SOP) yang ketat.

"Kami di Yogyakarta, baru pada tahap mempersiapkan protokol dan SOP. Sebetulnya sudah selesai, sekarang lagi simulasi karena ada beberapa destinasi yang sudah merasa siap," kata Singgih saat dihubungi Okezone via sambungan telepon, belum lama ini.

wisatawan

Lebih lanjut, Singgih menjelaskan, mempersiapkan protokol kesehatan ini memang bukan perkara mudah. Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan, mengingat pariwisata tidak melulu menyangkut soal destinasinya saja.

Untuk protokol kesehatan, pihaknya mengacu pada tiga elemen utama yang telah dianjurkan pemerintah pusat yakni, kebersihan, kesehatan, dan keamanan. Dan ini yang menentukan harus level gubernur," kata Singgih.

Selain itu, ada unsur-unsur lain yang juga berperan penting dalam mendukung kelancaran aktivitas wisata, terutama persoalan akomodasi.

"Semuanya harus disiapkan dengan matang, termasuk urusan akomodasi. Seperti hotel dan restoran sekarang sedang disimulasikan untuk memastikan segala sesuatunya sesuai dengan sop, dan Sumber Daya Manusianya juga benar-benar sudah siap," ungkapnya.

Bila tahap simulasi ini berjalan lancar, Singgih mengatakan pihaknya baru akan melakukan uji coba terbatas. Setelah itu, tinggal mengajukan proposal kepada tim Gugus Tugas untuk merekomendasikan apakah objek tersebut sudah layak untuk dibuka kembali.

"Paling cepat mungkin bulan Juli sudah ada objek wisata yang di buka, namun tentu secara bertahap. Seperti Candi Prambanan yang sudah melakukan simulasi 3 kali. Minggu ini, prosesnya mudah-mudahan semakin terstruktur," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini