Selain Taman Ria Senayan, Ini Tempat Hiburan Anak Gaul Jakarta Tempo Dulu

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 406 2234441 selain-taman-ria-senayan-ini-tempat-hiburan-anak-gaul-jakarta-tempo-dulu-xjQrxtJGgV.jpg Taman Ria Senayan. (Foto: Jakarta.go.id)

DARI dulu, Jakarta memang sudah memiliki banyak fasilitas untuk memanjakan warganya. Terutama lokasi tempat hiburan yang dibangun untuk wisata keluarga, maupun anak muda yang senang berkumpul bersama teman-temannya.

Dari beberapa lokasi tempat hiburan yang dulunya sangat terkenal dan banyak menjadi tujuan utama selain Monumen Nasional yang telah menjadi ikon ibu kota Jakarta. Mungkin banyak yang tak mengetahui fenomenalnya sebuah tempat di pusat ibu kota yang kini tak dapat lagi kita jumpai.

Untuk kembali mengenang masa jaya kelima lokasi hiburan tersebut, Okezone merangkum sejarah perjalanannya yang disadur dari berbagai sumber.

Taman Ria Senayan

taman

Pada masa jayanya, lokasi hiburan keluarga yang dibangun pada 1970-an ini menjadi salah satu tujuan warga Jakarta. Berbagai fasilitas hiburan terbilang lengkap di tempat ini, karena pengunjung bisa menikmati beberapa wahana hiburan yang cukup seru. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa bersantai di tepi danau yang memiliki luas empat hektar yang memberi suasana ketenangan yang cukup alami.

Taman Ria Senayan sendiri banyak menjadi pilihan karena lokasinya yang mudah di jangkau dan berada di pusat kota. Sayangnya seiring dengan pertumbuhan kota yang kian pesat dengan hadirnya pusat perbelanjaan di tengah kota, membuat Taman Ria Senayan perlahan mulai ditinggalkan pengunjungnya.

Hingga di masa akhirnya, akibat jumlah pengunjung yang terus menurun, lokasi tempat hiburan keluarga yang memiliki luas area sekira 11 hektare ini mulai ditinggalkan pula oleh penyewa bangunan. Hingga akhirnya Taman Ria Senayan kini tak lebih terlihat dari area kosong yang tak lagi dilirik banyak orang.

Kafe Tenda Semanggi

Nama kafe Tenda Semanggi (KTS) sangat terkenal pada akhir dekade 1990-an, konsep warung dengan nuansa kaki lima namun tertata dengan rapi merupakan duplikasi dari tren berdirinya warung tenda kekinian yang menjamur sebagai bisnis cikal bakal menjamurnya banyak warung tenda yang dikelola anak muda.

Melihat peluang tersebut, pengelola SCBD akhirnya mendirikan KTS dengan konsep kenyamanan bagi pengunjung yang di dominasi anak muda ini sebagai salah satu tujuan wisata kuliner di Jakarta. Karenanya hampir seluruh tenant warung tenda Semanggi menawarkan menu dengan harga terjangkau.

Sayangnya seiring dengan hilangnya trend warung tenda, KTS yang kala itu sudah berjalan sekira 10 tahun harus tutup dan berganti dengan bangunan tinggi serta perkantoran meski beberapa tempat masih menyajikan kuliner dengan konsep resto.

Parkir Timur Senayan

Label tempat tongkrongan anak muda kelas atas memang tak bisa lepas untuk kawasan satu ini yang dikenal dengan Parkir Timur (Parkit) Senayan. Lokasi yang terbilang tak memiliki fasilitas hiburan ini. Banyak anak muda yang memiliki mobil memanfaatkan jalanan ini sebagai arena balapan.

Bahkan kala itu salah satu anak Presiden Soeharto sering nongkrong di kawasan tersebut setelah melakukan balapan, hal itu pula yang membuat banyak anak muda lain yang menjadikan Parkit sebagai tongkrongan anak mobil dikala itu.

Teater Mobil Ancol

Saat ini, nama Ancol dikenal sebagai kawasan wisata dengan berbagai jenis wahana hiburan yang menarik serta fasilitas hiburan lain yang banyak diminati warga Jakarta. Namun keberadaan Ancol yang berdasarkan sejarahnya telah ada sejak abad ke-17 ini tak lepas dari salah satu fasilitas hiburan yang dulunya bernama teater mobil Ancol.

Dibangun pada 1970, teater mobil ini langsung menjadi ikon baru bagi lokasi hiburan yang berada di kawasan Jakarta Utara tersebut. Seiring terus ramainya pengunjung. Pihak pengelola Ancol langsung membangun sarana rekreasi lainnya yang hingga kini menjadikan Ancol masih banyak diminati para pengunjung baik warga Jakarta maupun wisatawan lokal dari berbagai daerah.

Sarana rekreasi yang dibangun makin mempopulerkan keberadaan Taman Impian Jaya Ancol, tidak saja di kalangan masyarakat ibu kota, tetapi juga seluruh Indonesia. Pembangunan berbagai proyek terus berlanjut hingga kini. Pedagang kaki lima ditata, hotel dibangun, lapangan golf, dan beragam permainan dihadirkan.

Kini sarana rekreasi dan hiburan di Taman Impian Jaya Ancol semakin lengkap. Pembangunan diarahkan pada sarana hiburan berteknologi tinggi. Hal itu telah dimulai dengan dibangunnya kawasan Taman Impian “Dunia Fantasi” tahap I pada tahun 1985. Taman Impian Jaya Ancol yang berdiri pada lahan seluas 552 hektar ini telah menjadi tempat wisata dan rekreasi permainan terbesar dan terlengkap di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini