Bertualang ke Gua Kiskendo, Konon Tempat Pertarungan Epik Ramayana

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 23:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 406 2234484 bertualang-ke-gua-kiskendo-konon-tempat-pertarungan-epik-ramayana-bNrNcshn8a.jpg Gua Kiskendo. (Foto: Okezone)

SUDAH rindu berwisata ke Yogyakarta? Sabar ya, ketika situasi sudah kembali normal Anda bisa kok kembali ke Kota Gudeg tersebut.

Memang, Jogja memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Dari sekian banyak pilihan wisata alam di DIY, gua Kiskendo di Kulonprogo menawarkan keindahan alam yang memikat sekaligus misterius.

Sejak beberapa tahun belakangan, tempat wisata di kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta semakin dilirik sebagai lokasi berlbur. Alam yang menawan sekaligus terawat membuat semakin banyak wisatawan domestik tertarik berkunjung.

Gua Kiskendo

Selain Kedung Pedut, gua Kiskendo juga worth it dikunjungi berkat keindahan struktur alaminya. Asal muasal gua yang terkait erat dengan cerita epik Ramayana semakin membuat banyak orang penasaran dengan gua Kiskendo.

Menurut legenda Ramayana, gua Kiskendo merupakan tempat pertarungan hebat antara Subali dan Sugriwa. Subali tadinya berada di dalam gua untuk melawan Mahesasuro dan Lembusuro. Pertarungan ini dimenangkan oleh Subali, sang manusia setengah monyet.

Sayangnya, Sugriwa mengira Subali tewas sehingga ia pun menutup gua dengan kekuatannya. Kesalahpahaman ini membuat keduanya bertarung dan akhirnya Subali tewas. Kisah epik Ramayana ini terukir abadi pada sebuah tembok relief yang ditempatkan di depan gua.

Gua Kiskendo sendiri ditemukan pada tahun 1820 lalu kemudian dibuka resmi sebagai tempat wisata pada tahun 1964. Untuk masuk ke dalam gua, anda mesti menuruni tangga hingga ke dalam gua.

Bagian dalam gua sedalam 800 meter ini lumayan lebar. Sementara itu suasananya cukup gelap dan hening, hanya ada percikan air dari stalagtit.

Gua Kiskendo

Ada 9 tempat pertapaan di sudut-sudut gua karena gua ini dulunya digunakan sebagai tempat bertapa. Sempatkan untuk mengamati stalagtit dan stalagmit di gua ini karena terlihat sangat indah.

Gua Kiskendo berada di perbatasan kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dengan kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gua ini bisa dicapai dengan naik mobil selama 1 jam dari kota Jogja menuju ke arah barat daya. Tiket masuknya Rp.10.000 sedang biaya parkir mobil Rp.5.000.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini