Menparekraf: Memperbaiki Protokol Bisa Sehari Selesai, Tapi Kepercayaan Lama

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 21:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 406 2234550 menparekraf-memperbaiki-protokol-bisa-sehari-selesai-tapi-kepercayaan-lama-mrs4KUcOTW.jpg Menparekraf Wishnutama bicara dampak COVID-19 ke sektor pariwisata. (Foto: BNPB/Capture)

PANDEMI virus corona Covid-19 yang menyerang seluruh dunia telah mematikan semua industri pariwisata yang ada. Pemerintah pun berencana untuk membuka kembali wisata alam yang berisiko rendah terhadap penularan Covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnutama Kusubandio mengatakan, pariwisata menjadi sektor yang sangat bergantung pada kepercayaan wisatawan domestik, maupun internasional. Maka itu, pemerintah harus memberikan rasa aman sehat dan nyaman kepada para wisatawan.

wishnutama

“Kita harus dapat membangun kepercayaan ini agar pariwisata dapat bangkit kembali. Jangan sampai dalam pelaksanaanya nanti malah nanti terjadi peningkatan kasus baru,” terang Wishnutama dalam siaran langsung di Graha BNPB, Senin (22/6/2020).

Menurutnya, kedisiplinan dan perencanaan sangat diperlukan supaya pariwisata di Indonesia dapat kembali pulih seperti sediakala. Terlebih banyak para pelaku sektor pariwisata sangat menanti kebijakan ini, karena selama tiga bulan terakhir mereka sangat terdampak oleh pandemi Covid-19.

“Memperbaiki protokol bisa dalam sehari dua hari saja, tapi mengembalikan kepercayaan itu, membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika kita tidak hati-hati dan disiplin dalam pelaksanaanya, dampak ekonominya bisa lebih buruk nantinya bagi sektor pariwisata,” tuntasnya.

(dwk)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini