Labuan Bajo Sudah Buka dari 15 Juni Loh!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 406 2235229 labuan-bajo-sudah-buka-dari-15-juni-loh-jsf7rvFQMK.jpg Pulau Padar. (Dewi/Okezone)

PEMERINTAH Indonesia telah menetapkan protokol kesehatan pariwisata menyusul dibukanya sejumlah destinasi wisata di berbagai daerah. Implementasi kebijakan ini sudah dilakukan DKI Jakarta, Banyuwangi, hingga Yogyakarta yang tengah memasuki tahap simulasi dan uji coba pembukaan.

Namun bagaimana dengan nasib destinasi wisata yang masuk dalam program super prioritas besutan Presiden Joko Widodo. Seperti halnya Labuan Bajo.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Wayan Darmawan, menegaskan bahwa sejak 15 Juni 2020 lalu, sebetulnya sebagian destinasi wisata Nusa Tenggara Timur telah dibuka kembali. Termasuk kawasan Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo.

labuan

"Sudah dibuka kok per tanggal 15 Juni kemarin. Pak Gubernur juga sudah meninjau langsung, dan prinsipnya memang sudah siap. Tetapi memang harus dilakukan beberapa penyesuaian, terlebih setelah dikeluarkannya protokol kesehatan dalam menanggapi era New Normal ini," ungkapnya saat dihubungi Okezone via sambungan telepon, Selasa (23/6/2020).

Namun Wayan dia tidak memungkiri bahwa jumlah wisatawan yang datang ke Labuan Bajo saat ini memang masih jauh dari target yang telah ditetapkan oleh pihaknya.

Salah satu faktornya adalah terkait masalah penerbangan yang belum optimal. Sementara untuk fasilitas penunjang dan implementasi protokol kesehatan, Wayan mengatakan semuanya sudah disiapkan secara matang meski bertahap.

"NTT itu sudah normal karena memang daerah kami kan tidak masuk zona merah dan kasusnya relatif rendah. Selain itu, sejak awal pandemi Covid-19, Pak Gubernur sudah melakukan langkah-langkah persiapan. Tapi kembali lagi, kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo itu tergantung dari wisatawan Jakarta, Surabaya, dan wisatawan mancanegara," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini