New Normal, Labuan Bajo Targetkan Kunjungan 1,6 juta Wisatawan hingga Akhir Tahun

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 22:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 406 2235231 new-normal-labuan-bajo-targetkan-kunjungan-1-6-juta-wisatawan-hingga-akhir-tahun-g6E2QVNz3v.jpg Labuan Bajo (Foto : Jaenjo-tours)

Destinasi wisata alam di Indonesia perlahan-lahan mulai dibuka saat new normal. Salah satunya adalah Labuan Bajo.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Wayan Darmawan, menegaskan bahwa sejak 15 Juni 2020 lalu, sebetulnya sebagian destinasi wisata Nusa Tenggara Timur telah dibuka kembali. Salah satu objek wisata andalan Taman Nasional Komodo pun dapat dikunjungi wisatawan.

Namun Wayan dia tidak memungkiri bahwa jumlah wisatawan yang datang ke Labuan Bajo saat ini memang masih jauh dari target yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat.

Salah satu faktornya adalah terkait masalah penerbangan yang belum optimal. Sementara untuk fasilitas penunjang dan implementasi protokol kesehatan, Wayan mengatakan semuanya sudah disiapkan secara matang meski bertahap.

Labuan Bajo

"NTT itu sudah normal karena memang daerah kami kan tidak masuk zona merah dan kasusnya relatif rendah. Selain itu, sejak awal pandemi Covid-19, Pak Gubernur sudah melakukan langkah-langkah persiapan," bebernya saat dihubungi Okezone.

"Tapi kembali lagi, kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo itu tergantung dari wisatawan Jakarta, Surabaya, dan wisatawan mancanegara," sambungnya.

Baca Juga : Gugus Tugas Berhak Tutup Objek Wisata jika Ditemukan Kasus Covid-19

Kendati demikian, Wayan optimis hingga akhir tahun nanti, jumlah turis yang datang ke kawasan Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo diprediksi dapat memenuhi target 1,6 juta wisatawan.

"Untuk saat ini, kemungkinan akan disambangi oleh turis lokal lebih dulu. Sedangkan wisatawan asing atau wisman datang secara bertahap," tandasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini