Menjajal Pemandian Air Panas di Negeri Sakura

Dada Sathilla, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 23:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 406 2235253 menjajal-pemandian-air-panas-di-negeri-sakura-bNOwPyAUbH.jpg Pemandian Air Panas. (Foto: Okezone)

MENCOBA budaya dari sebuah negara saat traveling membuat perjalanan menjadi semakin seru. Nah, salah satu negara yang memiliki banyak budaya tradisional adalah Jepang.

Meskipun memliki teknologi tingkat tinggi, tapi negara matahari terbit ini tidak meninggalkan budaya unik mereka. Salah satunya adalah berendam di pemandian air panas atau onsen.

Tapi kalau Anda belum sempat mencoba onsen, Anda juga bisa mencoba sento atau pemandian umum. Onsen atau pemandian air panas bersumber dari sumber mata air panas alami dengan suhu setidaknya diatas 25 derajat Celcius. Kebanyakan onsen berada di luar kota.

Pemandian air panas

Sedang biayanya sekira 2.000 yen atau Rp261.940 per orang. Kalau Anda ingin mencoba sensasi berendam di onsen namun terkendala waktu dan jarak, setidaknya Anda bisa mencoba sento atau pemandian umum yang biasanya berada di dalam kota. Salah satunya berada di kawasan Shinsekai, kota Osaka.

Sebuah sento atau pemandian umum biasanya rutin didatangi oleh warga sekitar yang tinggal di kawasan tersebut. Tapi, turis juga boleh kok datang dan berendam di sento. Untuk berendam di sebuah sento di Shinsekai, Osaka, biayanya 500 yen atau Rp65.500.

Anda perlu memasukkan koin 500 yen untuk membuka loker. Barang-barang pribadi mesti dimasukkan ke dalam loker karena dilarang dibawa masuk ke dalam area pemandian.

Selanjutnya kunci loker mesti dititipkan ke resepsionis yang menjaga ruang depan. Resepsionis akan memberikan karet gelang bertanda nomor loker, handuk, dan sabun batang. Setelah itu Anda bisa memilih kolam pemandian dan mulai berendam. Tapi ingat ya, Anda mesti telanjang karena orang Jepang selalu telanjang saat berendam baik di onsen maupun sento.

Sento dibagi menjadi 2 ruangan yaitu ruangan laki-laki dan perempuan. Di setiap ruangan ada beberapa kolam pemandian air panas yang bisa dipilih. Ada yang mengandung belerang dan jenis mineral lainnya.

Beberapa berada di dalam, tapi ada juga yang berada di outdoor. Setelah selesai berendam Anda bisa membersihkan diri di pancuran bersama pengunjung lainnya sebelum kembali berpakaian dan meninggalkan sento. Bagaimana, tertarik berendam di sento?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini