Indahnya Wot Batu Bandung, Lokasi Resepsi Pernikahan Tara Basro dan Daniel Adnan Jadi Viral

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 406 2235520 indahnya-wot-batu-bandung-lokasi-resepsi-pernikahan-tara-basro-dan-daniel-adnan-jadi-viral-9nff4jSPL3.jpg Tara Basro dan suami. (Foto: Instagram/@tarabasro)

PERNIKAHAN Tara Basro dan Daniel Adnan sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Selain terpukau melihat pesona kecantikan Tara di hari pernikahannya, netizen juga terkesima melihat lokasi resepsi pernikahan pasangan selebriti ini.

Melalui unggahan di Instagram pribadinya, Tara Basro dan Daniel Adnan mengungkapkan bahwa mereka melangsungkan pernikahannya di Wot Batu, Bandung, Jawa Barat. Dia pun menjelaskan secara gamblang alasan pemilihan tempat tersebut.

"Ada aura yang terasa berbeda begitu menginjakkan kaki di tempat kami akan melaksanakan prosesi suci. Sangat terasa energi positif yang dibangun melalui karya-karya Bapak Sunaryo yang merepresentasikan perjalanan kehidupan manusia di Wot Batu. Tempat itu seakan menyalurkan energi bagi kami yang akan memulai kehidupan baru bersama," tulis Tara.

Mengenal Wot Batu

wot batu

Mengutip situs resminya, Wot Batu merupakan sebuah karya instalasi yang dibuat oleh seniman Sunaryo dari hasil perjalanan spiritualitas dan transendentalnya. Dalam ruang terbuka seluas kurang lebih 2000 m2 dengan rangkaian 135 +1, batu-batu ditanam dan ditata secara konseptual dan harmoni.

Sunaryo menarik garis dari pegunungan di sekitar Bandung, dan dari garis itu dibawanya batu-batu vulkanik sebagai medium mahakarya yang tak lekang oleh waktu. Setiap pahatan, tatahan, dan pecahan bukanlah hasil dari usaha untuk mengubah batu, namun untuk menorehkan catatan untuk sebuah peradaban warisan dari abad ke-21 untuk masa yang akan datang.

Sunaryo menciptakan Wot Batu sebagai jembatan spiritual: penyeimbang antara jiwa manusia dengan wujud ragawi kehidupan, sebagai penghubung di antara empat elemen alam. Dalam Wot Batu, tanah, api, air dan angin berbicara satu sama lain dalam harmoni.

Wot Batu merupakan gagasan tentang ruang dan waktu, sebuah penyadaran tentang eksistensi manusia dalam dimensi alam yang tak berbatas.

Instalasi di Wot Batu

Ada banyak instatalasi yang bisa dinikmati pengunjung dari berbagai kalangan, termasuk anak-anak.

"Di Wot Batu, anak-anak bisa mengenal berbagai elemen alam dalam satu tempat--batu, air, tanah, rumput, angin, tetumbuhan. Melalui berbagai kegiatan di sini, mereka juga bisa mengenal interaksi dengan sesama manusia--tanpa batasan usia, agama, warna kulit, maupun budaya," tulis pernyataan resmi mereka.

Spot Instagramable

wot batu

Kemudian untuk para pemburu spot Instagramable, di Wot Batu juga terdapat beberapa spot foto menarik dilengkapi dengan karya-karya instalasi seni yang sarat nilai sejarah. Salah satunya instalasi bertajuk Batu Air yang berada di penghujung area kolam Wot Batu.

Jadi karya lukisan

wot batu

Lalu ada beberapa karya lukisan Sunaryo yang bisa Anda nikmati dengan nyaman dan tenang. Seperti lukisan yang digoreskan di atas Batu Mandala ini.

Lukisan ini terbuat dari serbuk marmer, arang dan akrilik di atas kanvas, dengan sebuah batu di bagian tengah pusaran lukisan. Sunaryo percaya bahwa keseimbangan alam bergerak secara stimultan dan bersinergi dengan manusia. Lantas apa hubungannya dengan batu?

"Batu, menurut Sunaryo, adalah benda alam yang telah ada di muka bumi sejak ribuan tahun yang lalu--jauh sebelum manusia hadir di muka bumi. Batu adalah saksi sejarah, yang hadir dari masa lalu, masa kini, dan akan tetap ada hingga di masa depan. Batu menghubungkan kita untuk mengingat tentang hubungan manusia dengan alam, dan harmoni diantaranya," tulis pernyataan di akun Instagram resmi Wot Batu.

Alamatnya

wot batu

Nah, bagi Anda yang tertarik menyambangi Wot Batu, lokasinya berada di Jl. Bukit Pakar Timur No.98 Bandung, Jawa Barat. Namun, belum diketahui secara pasti apakah Wot Batu sudah mulai dibuka kembali di masa transisi new normal ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini