Pulihkan Pariwisata New Normal, Berapa Dana Anggarannya?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 406 2236817 pulihkan-pariwisata-new-normal-berapa-dana-anggarannya-hVvtm6Kbic.jpg Ilustrasi. (Instagram/@ayodolan)

MENGHADAPI masa transisi new normal, pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk memulihkan kembali sektor pariwisata yang sempat mati suri. Dana anggaran pun sudah disiapkan untuk kembali menyambut wisatawan. Berapa ya jumlahnya?

Dijelaskan oleh Deputi Bidang Infrastruktur dan Transportasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Djoko Hartoyo, banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk memulihkan kembali pariwisata Indonesia. Salah satunya mendorong para pelaku wisata dengan strategi promosi yang berbeda.

wisata

"Kami mendorong pelaku wisata melakukan strategi promosi yang berbeda. Seperti menawarkan paket wisata baru dengan menonjolkan local content melibatkan komunitas dan dinas pariwisata, menjual tiket secara online, hingga meningkatkan infrastruktur digital dan menguatkan SDM," tuturnya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (26/6/2020).

Sejalan dengan itu, lanjut Asdep Djoko, pemerintah juga berencana akan memperluas stimulus konsumsi untuk kelas menengah ke atas. Stimulus tersebut akan dikucurkan dalam bentuk bantuan langsung bagi para pekerja pariwisata yang terdampak.

Berikutnya, wisatawan juga akan dapat diskon tiket pesawat ke destinasi wisata, serta insentif pajak hotel atau restoran dengan alokasi anggaran Rp3,8 triliun.

Selain itu pemerintah juta akan melalukan penguatan dukungan sektor pariwisata seperti memberikan voucher makanan secara online dengan alokasi anggaran hingga Rp25 triliun.

"Perluasan ini dilakukan paling lambat pada kuartal III-2020 setelah ekonomi pulih dari pandemi," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini