Mau Nonton Indahnya Gemulai Tarian Jawa? Main Saja ke Keraton Yogyakarta

Dada Sathilla, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 406 2239409 mau-nonton-indahnya-gemulai-tarian-jawa-main-saja-ke-keraton-yogyakarta-6skC1yTIOh.jpg Menari (Foto: Inst Kumara_pasae)

Wisata seni budaya telah lama menjadi daya tarik Yogyakarta. Banyak turis datang demi menyaksikan dan mempelajari budaya Jawa.

Keraton Yogyakarta pun menjadi ramai dikunjungi. Salah satunya karena keraton menggelar pentas tarian Jawa setiap hari Minggu.

 Keraton Yogyakarta

Yogyakarta selalu menjadi destinasi wisata yang spesial karena wilayah ini menjadi satu-satunya monarki di Indonesia. Keraton Yogya pun sering dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan tempat tinggal Sultan Yogya dan pusat pemerintahan provinsi DIY ini.

Bagi kamu yang tertarik dengan kesenian tradisional Jawa, sebaiknya kamu mengunjungi Keraton Yogya setiap hari Minggu pagi. Di Bangsal Sri Manganti ada pementasan tarian Jawa, yaitu tarian Golek Ayun-Ayun dan Bedoyo Jati Purno. Setiap minggu pagi, puluhan wisatawan terlihat duduk manis mengelilingi pendopo. Banyak diantaranya merupakan wisatawan asing.

Baca juga: Selamat Hari Bhayangkara, 5 Polwan Cantik Ini Siap Melindungi Negara

Tari Golek Ayun-Ayun menceritakan perjalanan gadis remaja menuju wanita dewasa. Gerakannya enerjik dan riang. Sedang tari Bedoyo Jati Purno menceritakan tentang Dewi Sri yang prihatin dengan keadaan bumi yang penuh kekacauan dan kerusakan. Gerakannya lebih lambat.

Pentas tarian tradisional Jawa digelar setiap hari Minggu pukul 10.45 pagi. Acara dipandu dalam 3 bahasa yaitu bahasa Jawa, Indonesia, dan Inggris. Tentunya, wisatawan juga dibolehkan untuk berfoto bersama para penari setelahnya.

Untuk menyaksikan pentas tarian Jawa dan alunan gamelan yang mengiringinya kamu tak perlu membeli tiket khusus. Cukup menggunakan tiket masuk Keraton. Harganya Rp8.000 per orang.

Keraton Yogya bisa dicapai dengan naik mobil atau motor selama 40 menit dari bandara internasional Adi Sucipto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini