Pandemi Covid-19, Mengurus Paspor Kini Bisa Kolektif

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 04 Juli 2020 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 406 2241169 pandemi-covid-19-mengurus-paspor-kini-bisa-kolektif-vyQZdbrro9.jpg Ilustrasi. (Freepik)

SELAMA pandemi virus corona Covid-19, mengurus paspor menjadi salah satu hal yang menjengkelkan. Anda harus menunggu dan mengantre cukup lama untuk mendapatkan layanan dalam mengurusnya.

Namun belum lama ini Direktorat Jendral Imigrasi melalui akun Instagram resmi @ditjen_imigrasi pada Sabtu (4/7/2020), meluncurkan program Eazy Passport. Ini adalah layanan mengurus paspor secara kolektif.

Baca Juga: 4 Pesona Gaya Veronica Tan Setelah Cerai dari Ahok, Enggak Bikin Bosan

paspor

Dalam postingan tersebut Eazy Passport akan melayani paspor yang dilaksanakan di luar kantor Imigrasi dan di lokasi pemohon. Layanan akan menggunakan mobil unit paspor keliling.

Layanan ini menyasar beberapa kategori. Antara lain perkantoran atau instansi seperti pemerintah, TNI, Polri, BUMN, BUMD, swasta. Lalu ada institusi pendidikan seperti, sekolah, pesantren dan asrama serta komunitas, perumahan dan apartemen.

Masyarakat tak perlu khawatir, karena layanan ini juga menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Sehingga dapat mencegah terjadinya penularan penyakit di masyarakat ketika hendak mengantre.

Semua petugas akan menggunakan alat pelindung diri (APD) dan physical distancing juga akan diterapkan. Untuk menghindari penumpukan, layanan ini hanya akan melayani minimal 50 pemohon setiap hari.

Namun perlu diingat, layanan ini hanya melayani pembuatan baru dan pergantian. Jadi tidak melayani penggantian paspor karena hilang atau rusak.

Jam kerja ditentukan oleh kantor imigrasi setempat dan dilayani di hari krja, Senin-Jumat, mulai pukul 08.00 sampai 16.00.

Proses penyelesaian paspor memakan empat hari kerja. Setelah pemohon melunasi PNBP sesuai dengan jenis paspor yang dipilih.

Pelayanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama juga akan diberikan oleh para petugas. Tapi pemohon wajin melunasi PNBP dengan cepat sebelum pukul 13.00 waktu setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini