Update Syarat Tambahan Penerbangan Domestik dan Internasional yang Perlu Dilengkapi Penumpang

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 406 2241995 update-syarat-tambahan-penerbangan-domestik-dan-internasional-yang-perlu-dilengkapi-penumpang-JZjmQfrL8g.jpg Ilustrasi maskapai penerbangan (Foto : Dnaindia)

Selama masa transisi menuju new normal, mobilitas masyarakat yang menggunakan moda transportasi udara semakin meningkat. Tentunya kondisi ini diimbangi dengan berbagai macam syarat penerbangan dan protokol kesehatan yang sangat ketat demi mencegah infeksi virus Covid-19.

Para penumpang yang berdomisili non Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi) wajib menyertakan Surat Izin Keluar Masuk Jakarta (SIKM) serta hasil tes bebas Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Rapid test dan Swab PCR. Hal tersebut termasuk dalam syarat penerbangan di masa pandemi Covid-19.

Meski demikian dua syarat tersebut masih belum cukup. Beberapa maskapai penerbangan masih memberikan persyaratan tambahan sesuai dengan kebijakan masing-masing.

Baca Juga : 6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Melakukan Penerbangan Domestik Maupun Internasional

Merangkum dari AngkasaXplore Team, Senin (6/7/2020), berikut beberapa persyaratan tambahan tiap maskapai sebelum melakukan penerbangan domestik dan Internasional.

1. Citilink

Citilink

Mengisi surat pernyataan perjalanan. Kemudian, mengisi kartu Kewaspadaan Kesehatan (Health Alert Card/HAC) dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi e-HAC melalui playstore untuk perangkat berbasis android atau melalui situs sinkarkes.kemkes.go.id untuk para pengguna IOS.

2. Sriwijaya Air

Tiap maskapai mengeluarkan persyaratan tambahan sebelum melakukan penerbangan domestik dan internasional, salah satunya Sriwijaya Air. Setiap penumpang harus mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi di Playstore. 

3. AirAsia

Setiap penumpang harus mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi dari Playstore. Kemudian, mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC) yang dapat diakses melalui aplikasi seluler e-HAC Indonesia (Android) atau sinkarkes.kemkes.go.id untuk para pengguna IOS. Lalu, mengisi surat pernyataan dari AirAsia

4. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia

Setiap penumpang harus mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi dari Playstore. Kemudian, menggunakan Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik yang dapat diakses melalui aplikasi E-HAC di smartphone Android atau sinkarkes.kemkes.go.id untuk para pengguna IOS sebelum melakukan perjalanan.

5. Silk Air, Singapore Airlines

Untuk penerbangan dari indonesia ke luar negeri transit Singapura masih belum bisa. Yang diperbolehkan transit di Singapura apabila dari kota-kota tertentu di Australia seperti: Adelaide, Brisbane, Melbourne, Perth dan Sydney dan Selandia Baru seperti Auckland dan Christchurch ke tujuan mana pun yang saat ini diopersikan oleh SIA, SilkAir atau Scoot, yang berlaku mulai 11 Juni 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini