Share

Main ke Candi Prambanan, Jangan Lupa Mampir ke Candi Sojiwan

Dada Sathilla, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 406 2244271 main-ke-candi-prambanan-jangan-lupa-mampir-ke-candi-sojiwan-7JpM21qiQL.jpg Candi Sojiwan (Foto: Inst Wonderfuljogja)

Candi Prambanan telah kembali dibuka untuk umum sejak minggu lalu. Kalau kamu berencana mengunjungi Candi Prambanan, sebaiknya kunjungi juga candi-candi di sekitarnya.

Tak cuma menarik dan penuh nilai sejarah, candi-candi di sekitar Prambanan juga tampak cantik. Makanya kalau main ke Candi Prambanan, jangan lupa mampir ke Candi Sojiwan yang dibangun dengan perpaduan gaya arsitektur Hindu dan Buddha.

 candi sojiwan

Candi Sojiwan berada di dekat Candi Prambanan, tepatnya berjarak hampir 2 km di sebelah tenggaranya Prambanan. Candi Buddha ini terletak di desa Kebon Dalem Kidul, Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dibangun pada abad ke-9, candi beraliran Buddha Mahayana ini pertama kali ditemukan reruntuhannya pada abad ke -19 oleh seorang Inggris bernama Colin Mackenzie, bawahan Sir Thomas Raffles.

Baca juga: Detik-Detik Melahirkan, Vanessa Angel Joget Girang di Rumah Sakit

Pemerintah Indonesia kemudian memulai proses rekonstruksi candi pada tahun 1996-2006 hingga gempa bumi Yogyakarta meruntuhkan candi tersebut kembali. Rekonstruksi kemudian dilakukan kembali hingga selesai tahun 2011.

Perpaduan arsitektur Hindu Buddha pada Candi Sojiwan terlihat jelas dari bentuk candinya. Bentuk dan gaya candi terlihat mirip dengan Candi Mendut yang berada di dekat candi Borobudur. Sedang pada bagian dasarnya dihiasi 19 relief yang banyak diantaranya merupakan cerita fabel. Di antaranya mengenai kisah kera dan buaya, serta kisah garuda dan kura-kura.

Kamu bisa mengunjungi Candi Sojiwan secara cuma-cuma. Hanya saja untuk masuk ke taman di sekitarnya perlu membayar tiket masuk Rp5.000 per orang.

Candi Sojiwan bisa dicapai dengan naik mobil atau motor dari Bandara Adisucipto Yogyakarta selama 30 menit. Kalau naik bus Transjogja, turunlah di Halte Prambanan lalu naik ojek online ke Candi Sojiwan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini