Berkunjung ke Appleton, Kota Kelahiran Houdini yang Sempat Tolak Orang Kulit Hitam

Dada Sathilla, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 23:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 406 2247594 berkunjung-ke-appleton-kota-kelahiran-houdini-yang-sempat-tolak-orang-kulit-hitam-3lQJExGp50.jpg Appleton. (Foto: Urbanmatter)

KASUS rasisme yang terjadi di Amerika Serikat (AS) telah mengibarkan gerakan protes anti rasisme di seluruh dunia. Perlakuan buruk terhadap orang kulit hitam di Amerika Serikat tak hanya dilakukan oleh polisi tapi juga lewat beberapa kebijakan.

Misalnya di kota Appleton, negara bagian Wisconsin. Orang kulit hitam sempat tidak dibolehkan menginap setelah gelap. Appleton adalah sebuah kota kecil di negara bagian Wisconsin yang dihuni oleh 77.000 orang.

Kota kecil ini berada lumayan terpencil di pedesaan Amerika. Kota besar terdekat, Chicago, bisa dicapai dengan naik mobil selama 3,5 jam. Sementara itu, Milwaukee berjarak 1,5 jam.

Kota Appleton

Sebagian besar penduduknya adalah orang kulit putih, dengan minoritas terbesar imigran dari Asia, terutama suku Hmong dari Laos. Sementara itu hanya ada sedikit orang kulit hitam di sini.

Tak banyak yang tinggal di kota ini dan negara bagian Wisconsin, salah satunya karena musim dingin yang panjang dan sangat dingin, di mana temperatur mencapai -15 hingga -32 derajat C.

Di samping itu, kota ini sempat mempraktekkan kebijakan rasis terhadap orang kulit hitam. Dari tahun 1930-1970, orang kulit hitam tak diizinkan menginap di kota Appleton. Kebijakan ini tak tertulis, tapi polisi akan mengusir setiap orang kulit hitam yang masih berada di kota ini setelah matahari terbenam.

Sebagai sundown town, seorang penyanyi kulit hitam bernama Marian Anderson pernah diberi kelonggaran pada tahun 1941. Ia boleh menginap di hotel tapi tak boleh keluar makan di tempat umum.

Kota Appleton

Di luar kebijakan rasisnya di abad ke-20, Appleton adalah sebuah kota normal. Kota ini terkenal sebagai tempat kelahiran pesulap ternama Amerika, Harry Houdini, dan juga sebagai penghasil keju.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini