Share

Main ke Candi Prambanan, Jangan Lupa Mampir ke Candi Kalasan

Dada Sathilla, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 406 2249366 main-ke-candi-prambanan-jangan-lupa-mampir-ke-candi-kalasan-61CF9Dj39v.jpg Candi Kalasan (Foto: Inst Jogja Traveler)

Saat liburan ke Yogyakarta, jangan lewatkan kawasan Prambanan. Sebab kawasan ini ada banyak candi memukau peninggalan kerajaan Hindu dan Budha di masa lampau. Salah satunya adalah Candi Kalasan yang berada tak jauh dari Candi Prambanan.

Kini setelah Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko kembali dibuka untuk umum, wisatawan mulai berkunjung kembali. Berjarak 10 menit dari Prambanan, terletak Candi Kalasan yang juga layak kamu kunjungi.

 Candi Kalasan

Candi Kalasan adalah Candi Budha yang dibangun sejak abad ke-8 Masehi. Terletak di Desa Kalibening, Tirtamartani, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi Kalasan dulunya dibangun oleh Raja MataraM Rakai Panangkaran untuk memuja Dewi Tara.

Dipilihlah Kalasan sebagai area candi, sedang para biksu tinggal di sekitar candi. Selain itu, Raja Mataram ini juga membangun biara untuk para pendeta Budha yang kini dikenal sebagai Candi Sari.

Dibangun untuk memuja Dewi Tara, di dalam Candi Kalasan ada sebuah patung Dewi Tara. Sayangnya, kini patung tersebut sudah hilang. Diduga patung Dewi Tara dijarah demi uang, sama halnya dengan patung tembaga Budha di Candi Sewu.

Baca juga: Diciduk Polisi, Catherine Wilson Pakai Daster dan Sendal Jepit Jadi Sorotan

Kini Candi Kalasan sedang dipugar sejak tahun 2018. Pemugaran dilakukan di bagian atas candi untuk mencegah pelapukan batuan yang dikhawatirkan akan melukai pengunjung. Untuk mengunjungi Candi Kalasan, kamu bisa berkendara ke arah Yogyakarta dari Candi Prambanan selama 10 menit lalu belok kiri ke jalan kecil. Candi Kalasan sangat mudah ditemukan karena terlihat dari jalan raya Solo-Yogyakarta.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini