Upaya Memasyarakatkan Protokol Perjalanan Wisata New Normal Harus Terus Dilakukan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 406 2249690 upaya-memasyarakatkan-protokol-perjalanan-wisata-new-normal-harus-terus-dilakukan-lwdGHCJiYv.jpg Wisata new normal (Foto:Kemenparekraf)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong pelaku pariwisata agar siap menerapkan protokol kesehatan yang ketat di era new normal. Sebab hal ini yang membuat pariwisata bisa berjalan aman.

Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Usaha Kemenparekraf, Dadang Rizki Ratman mengatakan, protokol CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability) diterapkan untuk kebaikan bersama. "Untuk menjaga kebersihan serta keselamatan sehingga semua pihak dapat melakukan kegiatan pariwisata dengan aman," katanya dalam seminar daring bertajuk 'Adaptasi Kebiasaan Baru yang Sehat, Aman, dan Produktif Bagi Para Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif' kemarin.

 protokol kesehatan wisata new normal

Quality Control Doctor Alodokter, Rara Agung Rengganis menjelaskan, sektor pariwisata termasuk kedalam kategori medium exposure risk atau sektor yang memiliki risiko cukup tinggi terhadap penyebaran Covid-19. Hal ini disebabkan karena kegiatan di sektor pariwisata selalu berdampingan dengan masyarakat dan sulit untuk menerapkan jaga jarak aman.

Oleh karena itu, terang Rara, perlu untuk aktif memberikan masukan kepada pemerintah dan pemerintah daerah dalam hal pengembangan dan pemulihan pariwisata. "Selain itu juga harus terus dilakukan upaya memasyarakatkan protokol perjalanan wisata di masa new normal."

Baca juga: Gemasnya Bayi Vanessa Angel Didandani dengan Tuxedo

“Protokol pencegahan Covid-19 tidak akan memiliki dampak, jika tidak diterapkan dengan taat, disiplin, konsisten dan hanya dilaksanakan oleh segelintir masyarakat. Perlu adanya kerja sama untuk saling meningkatkan kepercayaan publik agar dapat produktif dengan sehat dan aman,” kata Rara.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini