Kawah Ijen Banyuwangi Kembali Buka, Tiket Online Ludes Terjual 3 Jam

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 406 2255901 kawah-ijen-banyuwangi-kembali-buka-tiket-online-ludes-terjual-3-jam-iGBz9emClX.jpg Pesona Kawah Ijen. (Foto: Okezone)

SETELAH tutup hampir tiga bulan lebih, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen kembali membuka operasionalnya di masa new normal. Menariknya, tiket simulasi pembukaan TWA Kawah Ijen ini hanya perlu waktu tiga jam saja dijual secara online.

Sebanyak 450 tiket simulasi pembukaan pada 29-30 Juni 2020 ludes terjual diserbu wisatawan. Pengelola Kawah Ijen membatasi jumlah wisatawan yang berkunjung hanya 225 orang per harinya.

Pengelola Wisata Alam Kawah Ijen Sigit Haribowo membenarkan bila tiket simulasi yang dijual secara online telah habis hanya dalam waktu tiga jam.

Baca Juga: G-Land Surga Surfing Turis Asing di Ujung Selatan Banyuwangi

kawah ijen

"Tiket simulasi kami jual secara online dan sudah habis dalam tiga jam untuk tanggal 29-30 Juni 2020," ujar Sigit saat dihubungi Okezone.

Menurut Sigit, simulasi pembukaan Kawah Ijen ini dibatasi jumlahnya hanya 450 pendaki di dua hari tersebut. Selain itu, waktu pendakian juga dibatasi.

"Jadi jam pendakian hanya mulai pukul 03.00 WIB sampai 08.00 WIB untuk pendakian pertama. Lalu pendakian kedua pada pukul 08.00 WIB sampai 13.00 WIB, dengan jumlah 225 pendaki per harinya," tuturnya.

Meski wisatawan diperbolehkan masuk, pengelola tetap memberlakukan protokol kesehatan saat masuk ke kawasan TWA Kawah Ijen, mulai wajib memakai masker, mengecek suhu tubuh wisatawan, kewajiban mencuci tangan, hingga terus mengingatkan untuk menjaga harak di dalam lokasi wisata.

Sigit menambahkan usai pembukaan simulasi di Kawah Ijen, nantinya tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso akan melakukan evaluasi terlebih dahulu, mengingat jalur pendakian Gunung Ijen tidak hanya dari Kabupaten Banyuwangi melainkan juga dari Kabupaten Bondowoso.

"Kelanjutannya kami masih menunggu evaluasi dari tim Gugus Tugas Covid di Bondowoso juga. Saat ini masih pembahasan untuk kelanjutannya. Nanti kami informasikan kembali," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi MY Bramuda mengungkapkan simulasi pembukaan Kawah Ijen telah melalui verifikasi - verifikasi dari tim gabungan beberapa dinas terkait, seperti tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, hingga Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur.

"Kita harus melihat bagaimana persiapan Kawah Ijen ini untuk dibuka. Jadi ada tahapan-tahapan sebelum dibuka," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini