Kepulauan Seribu Zona Oranye, Pengawasan Wisatawan Ditingkatkan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 406 2256344 kepulauan-seribu-zona-oranye-pengawasan-wisatawan-ditingkatkan-o2Nv88SBqm.jpg Kepualauan Seribu jadi zona oranye (Foto : @jakarta_tourism/Instagram)

Sejak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan membuka kembali sejumlah objek wisata, Kepuluan Seribu langsung menjadi destinasi pilihan warga Jakarta di era new normal ini.

Selain karena lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota, pemandangan alam dan aktivitas wisata di Kepulauan Seribu juga tidak kalah dengan destinasi wisata di daerah lain, seperti Bali maupun Labuan Bajo. Jadi jangan heran bila banyak selebriti hingga influencer yang kedapatan menikmati momen liburan singkat mereka di Kepulauan Seribu.

Kepualaun Seribu

Sayangnya, pada Selasa 28 Juli 2020 lalu, Juru Bicara Satgas Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengumumkan kabar mengejutkan bahwa status Kepulauan Seribu saat ini telah berubah dari zona hijau menjadi zona oranye, atau zona dengan tingkat risiko penularan Covid-19 sedang.

"Ada satu daerah yang zona tidak terdampak yaitu Kepulauan Seribu sekarang sudah menjadi risiko sedang," ungkap Wiku dalam konferensi pers di Graha BNPB.

Baca Juga : Adele Sukses Menurunkan Berat Badan, Ini Metode Dietnya!

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu Dinas Parekraf DKI Jakarta, Puji Astuti, kembali menegaskan bahwa sejak awal pembukaan kembali wisata Kepulauan Seribu, tempat ini sudah menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

"Dari awal pembukaan kembali sudah sesuai dengan protokol kesehatan, mulai dari wajib menakai masker, mencuci tangan baik saat mau naik kapa, dipelabuhan, maupun pada saat turun di dermaga pulau tujuan, serta selalu menjaga jarak," ujarnya saat dihubungi Okezone via sambungan telefon, Senin (3/8/2020).

Selain itu, Puji juga menjelaskan kebijakan pembatasan jumlah wisatawan, termasuk kapasitas kapal yang digunakan menuju ke Kepulauan Seribu. Sesuai dengan anjuran protokol kesehatan, maka kapasitas kapal dikurangi hingga 50% dari kapasitas maksimum.

"Bukan hanya kapal, kapasitas homestay juga sudah dikurangi 50% untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di Kepulauan Seribu," tambahnya.

Kepualaun Seribu

Demi memastikan wisatawan benar-benar mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan selama berada di area wisata, Susi mengaku pihaknya telah bekerjasama dengan Satpol PP dan instansi terkait.

"Sejauh ini yang kami lakukan adalah meningkatkan pengawasan. Kami sudah berkoordinasi dengan satpol pp dan instantansi terkait untuk memonitor sekaligus mensosialisasikan protokol kesehatan," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini