Keren! Intip Penampakan Hamparan Embun Es di Gunung Semeru

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 406 2256364 keren-intip-penampakan-hamparan-embun-es-di-gunung-semeru-s2OFJZaboy.jpg Hamparan embun es di Gunung Semeru (Foto : @thoriqul_haq/Twitter)

Fenomena embun es ternyata tak hanya terjadi di kawasan wisata Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah saja. Beberapa waktu lalu, fenomena ini juga membuat heboh warga Desa Ranu Pani yang terletak di lereng Gunung Semeru, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Melakui akun twitter pribadinya, Thoriqul membagikan empat foto penampakan embun es yang menyelimuti hamparan rumput di Ranu Pani.

Pada keterangan foto, diketahui bahwa pemandangan langka itu diabadikan Thoriqul pada 31 Juli 2020 lalu. Dia menyebutnya dengan istilah 'Salju di Danau Ranu Pane'. "Sumpah. ini di Indonesia lhoo.. di lereng semeru, tepatnya desa Ranupane," tulisnya.

Thoriqul menambahkan, fenomena tersebut terjadi lantaran suhu udara pada saat itu mencapai -2 derajat celcius. Fenomena langka ini ternyata juga membuatnya ingin turut melihat secara langsung pemandangan embun es di Ranu Pani itu.

"Pingin kemping, tidur di tenda, dan paginya ngopi sambil menikmati embun yang telah membeku jadi es," ungkap Thoriqul.

Hingga berita ini dituliskan, unggahan foto Thoriqul telah di-retweet lebih dari 3.474 kali, dan dibanjiri ratusan komentar netizen. Sebagian di antara mereka, ikut merasa takjub melihat fenomena embun es yang menyelimuti salah satu spot favorit para pendaki di Gunung Semeru itu.

Semeru

"Wooww keren, Klo ada salju di Indonesia gak perlu jauh2 ke Korea utk menikmati hujan salju. Apakah turunnya salju bisa dipastiin kemunculannya setiap bulan apa aja?," tulis akun @lulu16889.

"Untuk yg suka naik gunung menikmati hawa dingin di bulan agustus adalah yg tepat," tulis akun @Dangnaokit.

"Wah jadi inget 2 taun lalu pas ke rakum, kelupaan naruh air mineral dan beberapa benda di luar tenda. Pas bangun di pagi hari udah beku semua," tulis akun @unggulha.

"Seneng banget liat daun kayak ditaburi es serut," tulis akun @safinatunnjh_.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini