Wisata Religi Syeikh Maulana dan Sunan Giri Dibuka, Pengunjung Cuma Boleh Masuk 15 Menit

Agus Ismanto, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 406 2258132 pemakaman-syeikh-maulana-dan-sunan-giri-dibuka-pengunjung-cuma-boleh-masuk-15-menit-drRE4jafP9.jpg Kompleks Pemakaman Syeikh Maulana dan Sunan Giri. (Foto: iNews)

SETELAH tutup selama 4 bulan, destinasi wisata religi, kompleks Pemakaman Syeikh Maulana Malik Ibrahim, dan Sunan Giri, kembali dibuka, untuk umum. Selain menerapkan protokol kesehatan, pengurus yayasan, juga melakukan pembatasan jumlah pengunjung, dan khusus warga lokal.

Hari pertama pembukaan destinasi wisata religi di Gresik, peziarah mulai berdatangan di kompleks makam Syeikh Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri. Wisatawan yang masuk kawasan makam, wajib cuci tangan, mengenakan masker, cuci tangan, dan menerapkan physical distancing, jaga jarak fisik.

Tidak semua peziarah diperbolehkan masuk. Pengurus yayasan, melakukan pembatasan jumlah wisatawan, dan mengkhususkan hanya untuk warga Gresik. Izzudin, ketua yayasan Sunan Giri, mengatakan, wisatawan wajib mematuhi aturan protokol kesehatan.

Pemakaman Syeik Maulana

"Peziarah, tidak dibolehkan berlama-lama di dalam kompleks makam, maksimal selama 15 menit, dengan jumlah maksimal sebanyak 60 orang," katanya.

Sedangkan, warga luar kota, yang terlanjur datang, tidak dibolehkan masuk, tetapi disediakan tempat khusus, di luar kompleks makam.

Achmad Shobiron, kabid pengembangan destinasi pariwisata Disparbud Gresik, mengatakan penerapan protokol kesehatan, wajib dijalankan, hingga kondisi benar benar aman. Pemkab Gresik, kembali membuka destinasi wisata religi, setelah tutup selama empat bulan, akibat pandemi Covid-19.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini