Unik, Perpustakaan Mungil Ini Instagramable buat Foto-Foto

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 406 2258609 unik-65279-perpustakaan-mungil-ini-instagramable-buat-foto-foto-gznYBffFiN.jpg Perpusataan unik (Foto: Kemenparekraf)

Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah internasional. Belum lama ini, Perpustakaan Micro atau Microlibrary Warak Kayu terpilih menjadi Popular Choice Winner pada kategori arsitektur perpustakaan menurut Architizer A+ Awards 2020.

Terpilihnya Microlibrary Warak Kayu diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata baru di Semarang, Jawa Tengah. Hal tersebut disampaikan secara gamblang oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio.

 Wishnutama

“Saya berharap dengan memanfaatkan kayu sebagai bahan ramah lingkungan dan teknik konstruksi dapat memberikan motivasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia untuk bisa menghasilkan karya-karya yang kreatif dan inovatif. Sehingga dapat mendorong potensi pariwisata di Semarang agar semakin meningkat dan menciptakan sustainable tourism,” kata Wishnutama seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (7/8/2020).

Sekadar informasi, Architizer A+ Awards merupakan kompetisi yang memusatkan pada arsitektur dan produk arsitektur terbaik di dunia. Diikuti lebih dari 100 negara dan dinilai lebih dari 400.000 pemilih. Architizer A+ Awards diselenggarakan di New York setiap tahun.

Direktur & Founder SHAU Indonesia, Florina Henzelman mengatakan Microlibrary Warak Kayu memiliki tujuan utama untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama anak-anak di lingkungan berpenghasilan rendah.

“Kami melihat minat baca masyarakat Indonesia masih rendah. Oleh karena itu, kami berupaya untuk meningkatkannya dengan membuat microlibraries yang menjangkau masyarakat dengan strategi merangkul ruang-ruang komunitas. Tidak hanya perpustakaan saja, tetapi ada unsur bermain dan berkumpul bersama,” kata Florina.

Nilai tambah dari perpustakaan ini adalah lokasinya yang terletak di pusat kota, tepatnya di Taman Kasmaran. Selain itu bangunan perpustakaan yang terbuat dari kayu ini cukup unik dan instagramble buat foto-foto loh!

 Baca juga: The Connell Twins Viral, Psikolog Sentil Influencer Penebar Hal Negatif

Taman Kasmaran juga memiliki pemandangan yang indah ke Kampung Pelangi sehingga mampu mencuri perhatian voters dunia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini