Mau Rayakan 17 Agustus di Gunung Semeru? Ini Imbauan Sekjen APGI

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 406 2259802 mau-rayakan-17-agustus-di-gunung-semeru-ini-imbauan-sekjen-apgi-26P6J9lrAg.jpg Gunung Semeru (Foto: Okezone)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, momen perayaan Hari Kemerdekaan RI selalu diwarnai oleh aktivitas pendakian gunung yang dilakukan oleh para pencinta alam. Mereka memang kerap merayakannya dengan menancapkan sang merah putih di puncak gunung.

Namun, di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, apakah aktivitas pendakian pada 17 Agustus nanti masih memungkinkan?

Menurut penjelasan Rahman Mukhlis, selaku Sekretaris Jenderal DPP Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI), sejumlah gunung memang telah dibuka kembali, setelah sempat ditutup selama kurang lebih 5 bulan akibat pandemi virus corona.

 mendaki gunung

Kendati demikian, Rahman mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati dan mengikutip protokol kesehatan yang berlaku bila memang berencana melakukan pendakian tepat pada momen 17 Agustusan.

"Sekarang kan kita masih dilanda pandemi Covid-19, jadi harus memperhatikan protokol-protokol yang baru. Misal yang dari Jakarta mau ke Dieng, di sana kan ada kebijakan-kebijakan khusus yang diterapkan pemerintah setempat dan pihak pengelola gunung, jadi harus ditaati," kata Rahman saat dihubungi Okezone via sambungan telefon, Senin (10/8/2020).

 Baca juga: 4 Potret Terbaru Hana Hanifah Setelah Bebas dari Kasus Prostitusi

Selain itu, Rahman juga mengimbau agar setiap pendaki mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk melalukan pendakian. Terlebih saat ini hanya beberapa gunung yang mempersilakan pendaki untuk mendirikan kemah alias bermalam.

Beberapa pihak pengelola gunung juga diketahui menerapkan kebijakan pembatasan pengunjung hingga 50% dari kapasitas maksimal. Tujuannya tak lain guna memastikan protokol kesehatan, dalam hal ini jaga jarak sosial dapat berjalan dengan baik.

"Biasanya di momen 17 Agustusan itu, para pendaki banyak yang berdatangan ke Gunung Semeru dan Gunung Rinjani. Jadi carilah informasi terkini di kedua gunung itu," kata Rahman.

"Tapi untuk Gunung Lawu dan Gunung Prau, setahu saya sudah boleh berkemah. Kemarin Gunung Ceremai juga sudah dibuka tapi belum boleh berkemah. Nah, informasi-informasi seperti ini harus diketahui betul, karena biasanya kan mereka menancapkan bendera putih keesokan harinya, atau di pagi hari tepat tgl 17 Agustus," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini