Cuti 3 Hari, Tempat Wisata di Yogyakarta Ini Cocok Buat Milenial

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 406 2259830 cuti-3-hari-tempat-wisata-di-yogyakarta-ini-cocok-buat-milenial-QTagjzJstE.jpg Wisatawan ke Yogyakarta. (Foto: Instagram/@merciabasketsyk)

DAERAH Istimewa Yogyakarta bisa jadi alternatif terbaik bagi wisatawan yang ingin berlibur di tengah pandemi Covid-19. Bukan tanpa alasan, tempat wisata di Yogyakarta identik dengan pemandangan alam yang memesona dan kebudayaan yang menarik.

Dinas Pariwisata setempat juga telah menyiapkan protokol kesehatan ketat demi meminimalisir risiko penularan virus corona.

Selain itu, wisatawan bisa memilih berbagai moda transportasi umum untuk menyambangi tempat wisata di Yogyakarta. Mulai dari pesawat terbang, kereta api, dan masih banyak lagi.

Hasil penelusuran Okezone, beberapa maskapai menyediakan promo tiket pesawat dengan rute Jakarta-Yogyakarta senilai Rp487 ribu, termasuk biaya rapid test yang menjadi salah satu syarat bepergian di era new normal.

Sementara untuk moda transportasi darat seperti kereta api, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sekira Rp350 ribu untuk kelas eksekutif, dan Rp100 ribuan untuk kelas ekonomi. Di stasiun kereta juga ada fasilitas rapid test dengan biaya Rp85 ribu saja.

Namun bagi wisatawan yang masih ragu menggunakan transportasi umum, maka kendaraan pribadi merupakan pilihan terbaik. Ini menjadi keuntungan tersendiri karena Anda tidak perlu lagi menyewa kendaraan selama berada di Yogyakarta.

Pertanyaannya sekarang, objek wisata apa saja yang layak untuk disambangi di Yogyakarta? Berikut ini Okezone rangkumkan travel pattern atau itinerary yang bisa jadi pertimbangan Anda.

Baca Juga: Gaya Nia Ramadhani Pakai Swimwear di Pantai, Centil Banget!

Hari pertama

borobudur

Hari pertama di Yogyakarya bisa Anda manfaatkan untuk mengeksplorasi keindahan Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko. Datanglah ke Candi Borobudur di pagi hari untuk menikmati momen matahari terbit yang begitu memikat.

Setelah itu, Anda bisa menyantap sarapan di Manohara Resort, sebelum bergegas ke objek wisata selanjutnya yakni, Candi Prambanan. Nah, waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah siang menuju sore hari. Sisakan sedikit waktu untuk melihat keindahan matahari terbenam di Candi Ratu Boko. Lokasinya tidak jauh kok dari Candi Prambanan.

Hari pertama bisa Anda tutup dengan menikmati makan malam romantis di Abhayagiri Restaurant.

Catatan : harga tiket masuk Candi Borobudur Rp50 ribu, Candi Prambanan Rp50 ribu, dan Candi Ratu Boko Rp40 ribu.

Hari kedua

 wisata

Rekomendasi wisata di hari kedua ini, sebetulnya sangat cocok bagi wisatawan hobi berburu kopi lokal. Setelah menyantap sarapan pagi di hotel, Anda bisa langsung bergegas menuju perkebunan kopi dan Museum Kopi Banaran. Di tempat ini, Anda akan dimanjakan oleh hamparan kebun kopi yang hijau dan asri, sekaligus belajar dan mencicipi kelezatan kopi lokal. Seru banget!

Setelah puas, Anda bisa bergeser ke objek wisata selanjutnya yakni, Desa Wisata Candirejo. Lokasi desa ini tidak jauh dari area wisata Candi Borobudur. Candirejo menawarkan wisata alam yang sangat menakjubkan.

Jadi jangan lupa mengabadikan gambar sebanyak-banyaknya untuk berbagi cerita dengan keluarga dan sahabat. Oh ya, Anda bisa menutup hari kedua dengan menikmati santap malam bersama penduduk desa, atau bahkan menginap disana. Ada banyak homestay dengan harga beragam.

Catatan: Harga tiket masuk ke kawasan agrowisata Kampoeng Kopi Banaran Rp5 ribu. Harga tiket masuk ke Desa Wisata Candirejo gratis.

Hari ketiga

wisata

Hari terakhir di Yogyakarta bisa Anda manfaatkan untuk berburu buah tangan dan cinderamata. Kalau sudah bosan hunting di Malioboro, alternatifnya adalah Pusat Cinderamata Kasongan. Ada beragam oleh-oleh cantik yang dijajakan oleh para pedagang di tempat ini. Mulai dari hasil kerajinan tangan berbahan tanah liat, kayu, hingga keramik. Jadi siapkan budget berlebih ya, Okezoners!Setelah itu, waktunya Anda bersiap kembali ke Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini