Berkunjung ke Batu Ratapan Angin di Dieng, Dijamin Nggak Bikin Kamu Baper!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 406 2259841 berkunjung-ke-batu-ratapan-angin-di-dieng-dijamin-nggak-bikin-kamu-baper-9NvvNR4w8i.jpg Bukit Ratapan Angin (Foto: Inst Wonosobohitz)

Bicara keindahan dataran tinggi Dieng tidak melulu soal pesona Bukit Sikunir atau Candi Ajuna dengan embun esnya. Tempat ini ternyata memiliki beragam objek wisata dengan pemandangan alam yang tidak kalah cantiknya, seperti Batu Ratapan Angin.

Berkunjung ke Batu Ratapan Angin, kamu akan disuguhkan keindahan Dieng dan objek wisata lain dan dijamin nggak bikin baper.

Batu Ratapan Angin terletak di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah dan masih satu kawasan dengan Telaga Warna. Lokasinya berada di ketinggian 2012 meter dpl (di atas permukaan laut). Jadi sudah bisa dibayangkan panoramanya yang spektakuler.

 Bukit Ratapan Angin

Tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung karena menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Pengunjung dapat mengambil foto cantik di beberapa spot yang telah disediakan di Batu Ratapan Angin.

Latar belakangnya tentu keindahan alam khas Dieng yang didominasi hamparan bukit hijau asri, serta Telaga Warna yang sangat cantik saat terkena sinar matahari.

Nah, beberapa waktu lalu tim program Geopark Indonesian besutan iNews berkesempatan mengeksplorasi potensi wisata yang dimiliki Batu Ratapan Angin. Acara dipandu langsung oleh host cantik Stefanny Eveline.

 

Selama berada di objek wisata ini, Stefanny tidak henti-hentinnya memuji keindahan alam yang ada di depan matanya.

 Baca juga: 4 Potret Terbaru Hana Hanifah Setelah Bebas dari Kasus Prostitusi

"Nah akhirnya kita sampai juga nih, di Batu Ratapan Angin, dari sini kita bisa lihat dengan jelas banget pemandangan indah dari dua kawah di bawah, yaitu ada Telaga Warna dan juga Telaga Pengilon. Kalau Telaga Warna yang ada di sebelah kanan saya itu warnanya lebih hijau sedangkan kalau Telaga Pengilon yang di sebelahnya itu warnanya sedikit lebih muda sedikit terlihat keruh, tapi tetap indah," kata Stefanny.

Sejatinya penamaan dua telaga ini disesuaikan dengan karakteristik masing-masing telaga. Berdasarkan bahasa setempat, pengilon memiliki arti cermin. Artinya, Telaga Pengilon memiliki air yang sangat jernih bak cermin.

Sementara Telaga Warna, memberikan pantulan berwarna hijau di permukaan airnya. Konon, air di telaga ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi cuaca.

Di Telaga Warna itu mengandung sulfur, mineral dan fosfat dan di sana bisa tumbuh ganggang. Sedangkan di Telaga Pengilon, kandungan mineralnya lebih tinggi. Jadi ketika disinari cahaya matahari kita bisa melihat perbedaan warna dari dua telaga ini.

Kalau Telaga Warna itu warnanya jauh lebih hijau karna berasal dari pantulan ganggang yang ada di permukaannya. Sedangkan Telaga Pengilon itu warnanya lebih jernih karna memang tidak ada ganggangnya.

Dari puncak Batu Ratapan Angin, pengunjung juga dapat melihat pemandangan Gunung Prau yang memanjang bagaikan benteng raksasa berwarna hijau. Nah, bila tertarik untuk menyambangi tempat ini, Anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 1 jam dari pusat Kota Wonosobo.

Harga tiket masuknya juga terbilang terjangkau, hanya Rp10 ribu per orang. Tapi jangan lupa terapkan protokol kesehatan ya Okezoners!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini