Agar Anak-Anak Tak Bosan Tunggu Pesawat, Wisata Edukasi Taman Pintar Hadir di Bandara YIA

Kuntadi, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 406 2260263 agar-anak-anak-tak-bosan-tunggu-pesawat-wisata-edukasi-taman-pintar-hadir-di-bandara-yia-vvh9dRadcf.jpg Bandara (Foto: Okezone)

Wahana wisata edukasi Taman Pintar hadir di Bandara Internasional Kulonprogo (Yogyakarta International Airport/YIA) melalui science corner. Ikon ini menyatukan konsep reading corner dan family corner dengan dilengkapi alat peraga, buku bacaan dan e-library.

“Science corner ini merupakan kerja sama PT Angkasa Pura dengan Taman Pintar untuk menghadirkan icon wisata dengan konsep reading corner dan family corner,” kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager PT Angkasa Pura I Bandara YIA, Agus Pandu Purnama pada pembukaan, Science Corner di Terminal Keberangkatan Bandara YIA belum lama ini.

Layanan ini diperkuat dengan aspek edukasi dan sains yang dilengkapi dengan alat peraga digital. Agar anak-anak tidak bosan menunggu pesawat, juga ada tempat bermain yang berdampingan dengan tempat baca buku.

 taman edukasi

“Kita ingin lebih mengenalkan Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan kepada pengguna jasa bandara,” katanya.

Science Corner YIA terdiri dari empat area. Pada pintu masuk dilengkapi dengan monitor touch-screen berisi profil dan informasi digital. Selanjutnya area science, yang berisi Magic Floor, Peraga Harpa Tak Berdawai, Peraga Uji Konsentrasi dan Peraga Cincin Loncat.

Pada area ketiga, disediakan reading corner yang dilengkapi dengan perangkat komputer berisi e-library dan varian buku di area membaca. Area terakhir, pengguna jasa bandara yang mengajak serta anak-anak, dapat memanfaatkan playground sehingga anak dapat melengkapi belajarnya dengan bermain.

“Kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti berharap, science Corner ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya pengguna jasa bandara. Fasilitas yang ada bisa menjadi sarana untuk mengembangkan dan memperluas layanan kepada masyarakat untuk meningkatkan literasi sains dengan media pembelajaran yang mudah dipahami dan menyenangkan.

Baca juga: Potret Yuni Shara yang Belum Kehilangan Pesonanya di Usia 48 Tahun

“Hadirnya ikon ini, diharapkan bisa memperkuat nuansa di bandara bahwa Yogyakarta merupakan pusat pendidikan dan daerah tujuan wisata,” kata Haryadi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini