Taman Nasional Ujung Kulon, Pengunjung Wajib Punya Surat Bebas Covid-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 406 2260513 taman-nasional-ujung-kulon-pengunjung-wajib-punya-surat-bebas-covid-19-V3CXPlgtf7.jpg Keindahan pantai Ujung Kulon. (Foto: Instagram/@ujungkulon_adventure)

BERTEPATAN dengan Hari Konservasi Nasional yang jatuh pada 10 Agustus 2020, Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) resmi dibuka kembali untuk umum. Kendati demikian, wisatawan diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan/kunjungan yang telah ditetapkan.

Mulai dari menyiapkan surat bebas Covid-19 (khusus pengunjung yang berasal dari luar negeri dan zona merah), mengenakan masker, membawa hand sanitizer atau sabun cair, hingga menerapkan jaga jarak fisik ketika berada di objek wisata alam dan kawasan TN Ujung Kulon.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Romantis di Yogyakarta, Lokasi Syuting Dian Sastro di Film AADC 2

Protokol kesehatan atau kunjungan ini diatur sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal KSDAE Nomor: SE. 9/KSDAE/PJLHK/KSA.3/6/2020 tanggal 23 Juni 2020 tentang Arahan Pelaksanaan Reaktivasi Bertahap di Kawasan Taman Nasional, Taman Wisata Alam dan Suaka Margasatwa untuk Kunjungan Wisata Alam pada Masa New Normal Pandemi Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19).

 ujung kulon

Selain menjabarkan secara gamblang protokol kesehatan yang wajib dipatuhi pengunjung maupun pihak pengelola wisata, pihak Balai TN Ujung Kulon juga menyisipkan sanksi bagi mereka yang nekat melanggar kebijakan atau protokol yang telah ditetapkan.

Hal ini bisa dilihat dalam surat edaran yang ditandatangani langsung oleh Kepala Balai TN Ujung Kulon, Ir. Anggodo, MM. Disebutkan bahwa sanksi terhadap pelanggaran protokol kunjungan tersebut terbagi menjadi beberapa kategori. Dimulai dari sanksi ringan berupa teguran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, hingga denda yang wajib disetorkan ke rekening Negara.

“Sanksi terhadap pelanggaran protokol kunjungan yaitu; membersihkan kantor, memungut sampah, bernyanyi lagu Indonesia Raya, pemberhentian aktifitas kunjungan, hingga denda yang disetorkan ke rekening Negara yang diberlakukan sesuai dengan tingkat pelanggaran,” tulis surat edaran itu.

Dalam keterangannya, Balai TN Ujung Kulon juga akan melakukan evaluasi setiap minggu, sebagai bahan keputusan untuk melanjutkan membuka kunjungan, atau menutup kembali apabila terjadi kasus penularan Covid-19.

Nah, bagi Okezoners yang berencana menikmati momen liburan di Taman Nasional Ujung Kulon, sebaiknya patuhi protokol kunjungan yang telah ditetapkan. Selamat liburan, selalu waspada dan jaga kebersihan ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini