Mengintip Keindahan Air Terjun Sri Gethuk, Amazon-nya Yogyakarta

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 406 2261047 mengintip-keindahan-air-terjun-sri-gethuk-amazon-nya-yogyakarta-wC9BnO4GXj.jpg Air Terjun Sri Gethuk (Foto: Inst Ayo Dolan)

Belum lama ini, objek wisata Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul, Yogyakarta mendadak ramai diperbincangkan, lantaran videonya viral di media sosial setelah dibagikan ulang oleh akun @Jogja24Jam.

Dalam keterangan yang ditulisnya, akun @Jogja24Jam menyebutkan bahwa pesona alam yang disuguhkan Air Terjun Sri Gethuk tidak kalah cantik dengan Sungai Amazon di Amerika Selatan. Hal tersebut terlihat jelas dari tampilan video yang diabadikan oleh seorang traveler bernama Satrio.

Video itu menampilkan pemandangan Sungai Oyo yang menjadi jalur utama untuk menuju Air Terjun Sri Gethuk. Suasana sungai ini terasa sejuk dengan panorama tebing-tebing kecil di kiri kanan, dan suara kicauan burung yang meneduhkan hati.

 

Air sungainya juga tampak jernih dan menyegarkan. Bila tertarik, wisatawan dapat berhenti sejenak untuk mengabadikan foto, atau sekadar bermain air sebelum melanjutkan perjalanan.

Untuk sampai ke Air Terjun Sri Gethuk, wisatawan memang harus menggunakan rakit sederhana berbahan kayu yang ditata sedemikian rupa. Durasi perjalanan kira-kira hanya 7 menit saja dengan biaya Rp10 ribu untuk perjalanan pulang pergi.

Setibanya di lokasi air terjun, wisatawan akan langsung disambut oleh suara gemericik air yang melantun begitu merdu. Aliran air yang jatuh dan mengalir dari celah batuan kapur juga menjadi salah satu pemandangan cantik yang bisa Anda nikmati di tempat ini.

 Baca juga: Body Goals Nia Ramadhani di Atas Yacht Mewah, Iri Bilang Bos!

Bagi wisatawan yang ingin menjajal kesegaran Air Terjun Sri Gethuk, namun tidak bisa berenang, Anda bisa menyewa pelampung yang telah disediakan pihak pengelola. Jangan lupa rasakan sensasi melompat dari pinggir tebing yang sungguh mendebarkan.

Menurut kepercayaan warga setempat, konon nama Air Terjun Sri Gethuk diambil dari nama kethuk, yaitu gamelan yang disimpan oleh pimpinan jin. Ya, masyarakat percaya jika dulunya air terjun tersebut merupakan tempat berkumpulnya para jin yang dipimpin oleh Anggo Menduro.

Gamelan bernama kethuk itu pun milik pemimpin jin tersebut karena dirinya sangat menyukai kesenian Jawa. Beberapa warga percaya bila suara gamelan itu masih sering terdengar di sekitar air terjun.

Semakin penasaran kan? Nah bagi Anda yang tertarik untuk menghabiskan momen liburan di Air Terjun Sri Gethuk, lokasinya berada di Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul. Dari pusat kota Yogyakarta menuju tempat ini hanya memerlukan waktu sekira 1.5 jam saja. Harga tiket masuknya terbilang terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek senilai Rp15 ribu saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini