Menparekraf Wishnutama Cari Peluang Baru untuk Gaet Wisatawan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 406 2261887 menparekraf-wishnutama-cari-peluang-baru-untuk-gaet-wisatawan-elmSvQLljE.jpg Menparekraf Wishnutama. (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio meminta agar para pelaku wisata tetap fokus dan menyiapkan diri untuk menyambut peluang baru pasca-Covid-19.

Menparekraf Wishnutama tidak menampik bahwa dampak dari pandemi Covid-19 memang sangat terasa di sektor pariwisata. Contohnya, kini banyak orang-orang yang menjadi khawatir dan takut untuk melakukan perjalanan.

"Namun demikian kita tidak boleh pasrah. Bapak Presiden juga sudah membentuk komite khusus untuk menyeimbangkan isu kesehatan ini dengan pergerakan ekonomi. Tugas kita sekarang adalah terus berusaha mencari peluang-peluang yang baru," ujar Menparekraf Wishnutama saat menghadiri webinar bersama Traveloka, Kamis (13/8/2020).

wishnutama

Baca Juga: Ulang Tahun ke-50, Duh Sophia Latjuba Pamer Body Kekar Bikin Pusing

Pernyataan Wishnutama itu bukan tanpa alasan. Dia meyakini setelah vaksin corona diproduksi dan didistribusikan secara massal, sektor pariwisata akan kembali melesat. Dia menyebut kondisi ini dengan istilah era post-vaksin (pasca Covid-19).

"Karena vaksin akan ditemukan, bersiaplah mengadapi opportunity baru. Nah, apa saja oppurtunity-nya? Mari kita riset dari sekarang. Sebelum Covid-19 semua orang memang tidak siap, tapi sekarang harus siap mencari oppurtunity baru. Ini adalah kesemapatan yang harus kita pikirkan," kata Wishnutama.

Untuk menstimulus gairah sektor pariwisata Tanah Air, Wishnutama pun menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya. Mulai dari meluncurkan program CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environtment), Indonesia Care, hingga bekerjasama dengan Key Opinion Leader (KOL) untuk membuat video-video protokol kesehatan.

Semua itu dilakukan mengingat perilaku wisatawan di era new normal saat ini sudah mengalami pergeseran. Wisatawan sekarang cenderung mementingkan aspek-aspek kesehatan, kebersihan, dan kenyamanan, dibandingkan pada masa sebelum pandemi Covid-19 melanda.

"Semua itu kita lakukan, demi menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sangat peduli terhadap aspek kesehatan, keamanan, dan kenyamanan wisatawan," tegas Wishnutama.

"Di sisi lain kita juga harus menunjukkan kepada masyarakat Indonesi bahwa daerah wisata sudah layak untuk dikunjungi dengan penerapan protokol kesehatan yang baik. Sehingga dapat membangkitkan kepercayaan mereka untuk kembali berwisata. Karena saat ini, kita sangat mengandalkan pergerakan wisatawan nusantara," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini