4 Tips Aman Traveling New Normal untuk Menghindari Penularan Covid-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 406 2261920 4-tips-aman-traveling-new-normal-untuk-menghindari-penularan-covid-19-MCOyno3aSf.jpg Ilustrasi. (Foto: Fibre2fashion)

TRAVELING atau liburan di tengah pandemi memang menuntut seseorang untuk selalu waspada demi mencegah penularan Covid-19. Apalagi bila Anda menggunakan moda transportasi umum seperti pesawat, kereta api, atau mobil rental.

Nah, untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19, Okezone telah merangkum 4 tips traveling menggunakan transportasi umum yang dibagikan oleh para ahli kesehatan, statistik, dan pakar perjalanan di Amerika Serikat.

Berikut ulasan tips aman traveling new normal untuk menghindari penularan Covid-19 selengkapnya, seperti dilansir dari Conde Nas Traveler, Jumat (14/8/2020).

Baca Juga: Ulang Tahun ke-50, Duh Sophia Latjuba Pamer Body Kekar Bikin Pusing

Pilih keberangkatan paling awal

 traveling

Jika Anda bepergian menggunaan transportasi umum apa pun, disarankan untuk mengambil jadwal keberangkatan paling awal. Alasannya karena kondisi di dalam pesawat terbang, kereta api, dan bus cenderung masih sangat ‘fresh’ setelah didisinfeksi secara menyeluruh. Bandingkan bila Anda mengambil jadwal keberangkatan pada siang, sore, atau malam hari, otomatis kursi penumpang sudah banyak digunakan orang. Benda-benda lainnya juga kemungkinan besar sudah tersentuh.

Bawalah perlengkapan anti Covid-19

 traveling

Sesuai dengan ajuran pemerintah dan Kementerian Kesehatan, cara terbaik untuk meminimalisir penularan corona adalah dengan menerapkan protokol kesehatan yang tepat. Dalam hal ini termasuk menggunakan masker, selalu menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan. Selain itu, sebaiknya Anda membawa masker, hand sanitizer, tisu disinfektan dalam jumlah yang banyak. Selain untuk jaga-jaga, alat itu bisa Anda gunakan untuk membersihkan tempat-tempat yang barus aja digunakan oleh orang asing.

Jangan malas untuk bersih-bersih

Jika Anda memutuskan untuk traveling menggunakan moda transportasi umum seperti pesawat dan kereta api, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu spot-spot yang kemungkinan besar telah disentuh oleh orang lain. Dimulai dari sandaran kursi, meja makan, sabuk pengaman, ventilasi udara, tirai jendela, kontrol lampu, dan spot-spot lainnya yang mudah dijangkau.

Mobil rental

Nah, untuk pengguna mobil sewaan/rental juga jangan lengah. Bersihkan titik sentuh di dalam mobil seperti setir mobil, persneling, gagang dan kontrol pintu, jendela, kursi, sabuk pengaman, kaca spion, tombol radio, dan spot-spot lainnya yang mudah dijangkau. Terakhir, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan rutin mencuci tangan menggunakan sabun cair atau hand sanitizer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini