Pandemi Covid-19, Perayaan HUT Ke-75 RI Tetap Khidmat dan Meriah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 406 2261987 pandemi-covid-19-perayaan-hut-ke-75-ri-tetap-khidmat-dan-meriah-onL9OG0Hbo.jpg Ilustrasi. (Foto: Kemenparekraf)

MESKIPUN saat ini Indonesia berada dalam situasi keterbatasan akibat pandemi Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menegaskan bahwa suasana peringatan HUT RI ke-75 pada 17 Agustus mendatang akan berlangsung meriah dan tidak mengurangi maknanya. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani.

Giri mengatakan, masyarakat masih bisa menikmati hiburan, pada 17 Agustus 2020 karena nanti akan tetap dihadirkan atraksi dan penampilan untuk memeriahkan peringatan HUT ke-75 Tahun Kemerdekaan RI.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-50, Duh Sophia Latjuba Pamer Body Kekar Bikin Pusing

"Persiapannya pun sudah sangat matang. Sekira pukul 09.48 WIB sudah masuk persiapan upacara di Istana, setelah selesai disambung lagi hiburan hingga penurunan bendera dan dilanjutkan lagi hiburan," ujar seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (14/8/2020).

 hut ri

Giri menambahkan, sebelumnya Kemenparekraf yang juga menjadi panitia nasional HUT ke-75 Tahun Kemerdekaan RI dengan Menparekraf Wishnutama Kusubandio sebagai Ketua Pelaksana untuk kegiatan digital. Hal itu sudah dipersiapkan sejak akhir 2019 yang semula direncanakan sebuah kegiatan yang gegap gempita.

Namun akibat pandemi Covid-19, konsep yang sudah ada berputar haluan menjadi kesederhanaan tapi hikmat perayaan HUT ke-75 Tahun Kemerdekaan RI bisa diikuti seluruh masyarakat Indonesia.

Kemenparekraf menyiapkan lomba merayakan kemerdekaan dengan mengangkat tema "Cinta Indonesia". Dalam lomba ini masyarakat diajak untuk menuangkan kreativitasnya dengan membuat video berdurasi 3 menit yang mencerminkan "Kerja Bersama Kita Bangkit".

Konsep video merayakan/memeriahkan HUT ke-75 Tahun Kemerdekaan RI ini diisi dengan upaya mempercantik lingkungan dan tetap menjaga protokol kesehatan. Serta menunjukkan rasa cinta Indonesia dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dengan berdiri tegak sikap sempurna, saat dikumandangkan lagu Indonesia Raya secara serentak pada 17 Agustus pukul 10.17 WIB.

"Pendaftaran telah dibuka dan peserta dapat memulai mengirimkan karyanya pada 17 Agustus malam, karena sikap sempurna dan penghormatan bendera harus diambil tepat pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB," kata Ni Wayan Giri Adnyani.

Kemenparekraf/Baparekraf menyiapkan hadiah total sebesar Rp1 miliar serta satu trophy, Piala Presiden. Seru kan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini