Dusun Butuh Kaliangkrik Magelang, Cantik Banget Mirip Namche Bazar di Nepal

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 406 2262302 dusun-butuh-kaliangkrik-magelang-cantik-banget-mirip-namche-bazar-di-nepal-KvbOD1GfGT.jpg Indahnya Kaliangkrik seperti di Nepal (Foto: Inst Mountnesia)

Punya impian traveling ke Nepal, tapi pupus gegara virus corona alias Covid-19? Jangan bersedih. Indonesia juga punya lho, daerah wisata dengan suguhan pemandangan dan suasana yang mirip Nepal.

Namanya Dusun Butuh Kaliangkrik di Magelang, Jawa Tengah. Kawasan wisata ini cocok banget buat Anda yang ingin melepas penat di era adaptasi new normal. Lantas, apa saja daya tarik Dusun Butuh Kaliangkrik?

Tempat tersebut mendadak jadi perbincangan publik setelah videonya diunggah ulang oleh akun Instagram @mountnesia. Dalam video tersebut, terlihat jelas suasana Dusun Butuh Kaliangkrik yang sangat cantik dan memesona.

 

View this post on Instagram

Nepalnya Indonesia! Dusun Butuh Kaliangkrik Magelang. Bisa dibilang tempat ini adalah desa tertinggi di Kota Magelang, dengan ketinggian kurang lebih mebcapai 1700 mdpl, berada dibawah kaki Gunung Sumbing. Sebenarnya tempat ini juga menjadi basecamp pendakian Gunung Sumbing via Butuh, Kaliangkrik. Daya tarik utamanya adalah rumah-rumah ini tersusun rapi dan berundak di lereng gunung. Karena susunannya ini, banyak wisatawan yang mengatakan desa ini mirip Namche Bazaar yang ada di Nepal dengan cirikhas Indonesia. Akses menuju tempat ini cukup mudah & jalannya jg udah bagus walaupun sedikit menanjak dan terjal tetapi tetap bisa diakses. Hati - hati yang pakai matic. Mau kesini? Harap jaga kebersihannya ya sobat - sobat @MountNesia! Dan jangan lupa menyapa, karena warga desanya sangat ramah. • • Dusun Butuh, Kaliangkrik Magelang, Jawa Tengah. Teks info dirangkum oleh @MountNesia dengan dokumentasi foto & video dari @ipxcex + @pxcex, @theguhwe, @eddypersidafc, @metameilenia_, @atasnamajoe Stay follow @MountNesia, share ceritamu dengan tag dan hastag #mountnesia, Galeri Pendaki Gunung Indonesia

A post shared by PENDAKI GUNUNG INDONESIA (@mountnesia) on

Hal ini tidak terlepas dari lokasi Dusun Butuh Kaliangkrik yang berada tepat di bawah kaki Gunung Sumbing. Rumah-rumah warga yang tampak tersusun rapi dan berundak di lereng gunung juga melengkapi keindahan panorama objek wisata tersebut.

Tak heran bila banyak wisatawan yang mengatakan dusun ini mirip seperti destinasi wisata Namche Bazar di Nepal, namun versi kearifan lokal Indonesia.

Dalam keterangannya, akun @mountnesia menjelaskan bahwa Dusun Butuh Kaliangkrik merupakan desa tertinggi di Kota Magelang dengan ketinggian mencapai lebih dari 1.700 mdpl. Tapi jangan khawatir, akses menuju tempat ini terbilang mudah dijangkau.

Baca juga: Mau Ikut Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka? Nih Cara Daftarnya

Jalanannya sudah bagus untuk dilewati kenderaan roda empat maupun roda dua, meski cenderung menanjak dan terjal. Jadi, bagi wisatawan yang datang menggunakaan kendaraan matic atau otomatis, diimbau untuk tetap berhati-hati.

"2015 lalu ke sini rombongan 2 motor matic loss doll semua, yang matic pertama pas pulan turun dijalan aspal remnya blong terus dijatuhin ke sisi kiri, untung tak apa-apa. Satunya lagi blong untung pas di jalan datar. Bagi kalian yang datang dari luar kota, untuk sampai lokasi ini disarankan agar ekstra hati-hati karena kondisi jalan yang nanjak dan turunan yang lumayan," imbau Mountnesia.

Pengalaman yang sama juga dibagikan oleh seorang netizen dengan akun @ossafalah.

"Pada 13 Juli 2019, kejadian yang tidak akan terlupakan bagi saya dan 26 teman saya kala itu menggunakan 2 mobil keadaan pulang dari basecamp sekitar jam 9 malam, 20 menit setelah itu kita terguling di parit warga dikarenakan rem blong. Alhamdulillah semua bisa tertolong karena kesigapan warga dan perangkat desa kaliangkrik yang kala itu menolong tanpa pamrih. Terima kasih teruntuk warga kaliangkrik dan perangkat desa yang sudah menolong kami," tulisnya.

Jadi bagi Okezoners yang tertarik untuk menyambangi Dusun Butuh Kaliangrik, selalu waspada ya! Jangan lupa sediakan pakaian hangat, mengingat suhu udara di tempat ini terbilang dingin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini