5 Tempat Bersejarah Instagramable untuk Berlibur Long Weekend

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 15 Agustus 2020 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 15 406 2262724 5-tempat-bersejarah-instagramable-untuk-berlibur-long-weekend-NDmMsA301V.jpg Hotel Yamato atau Hotel Majapahit Surabaya. (Foto: Instagram/@hotelmajapahitsby)

INDONESIA memiliki banyak tempat bersejarah dengan kisah perjuangan para pahlawan di masa lalu. Tak hanya sarat akan sejarah, beberapa tempat tersebut juga memiliki pemandangan yang indah dan Instagramable untuk berfoto.

Tak aneh hingga saat ini beberapa tempat bersejarah tersebut kerap dikunjungi oleh para pengunjung karena keindahan yang mereka miliki.

Ditulis Okezone, Sabtu (15/8/2020), ada lima tempat bersejarah yang Instagramable yang bisa dijadikan referensi liburan akhir pekan. Yuk disimak!

1. Kota Tua (Jakarta)

 kota tua

Kawasan Kota Tua merupakan salah satu tempat bersejarah yang paling ikonik di Jakarta. Kawasan ini kerap didatangi pengunjung untuk sekadar berwisata, photoshoot, prawedding atau hanya sekadar melakukan selfie. Terdapat banyak bangunan dengan arsitektur Belanda yang masih berdiri dengan kukuh di tempat ini.

Baca Juga: Yuk, Ikut Virtual Tour Vatikan, Gratis! Dijamin, Memanjakan Mata dan Bikin Hati Damai

2. Jembatan Gantung Kota Intan (Jakarta)

jembatan

Salah satu jembatan gantung dengan desain artistik dan penuh sejarah adalah Jembatan Gantung Kota Intan. Jembatan ini terdapat di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat dan merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda.

Jembatan ini menghubungkan Kali Besar Barat dan Kali Besar Timur. Keunikan jembatan ini adalah terbuat dari kayu lengkap dengan pengungkit, sehingga bagian bawah jembatan ini bisa terangkat ketika ada kapal atau perahu yang melintas.

3. Hotel Yamato atau Hotel Majapahit (Surabaya, Jawa Timur)

yamato

Hotel dengan arsitektur vintage ini terletak di Surabaya, Jawa Timur dan sangat terkenal. Dulunya hotel ini bernama Hotel Yamato, dimana perjuangan arek-arek Suroboyo terlihat jelas ketika berusaha memerdekakan Indonesia dari tangan para penjajah.

4. Lawang Sewu (Semarang, Jawa Tengah)

lawang sewu

Lawang Sewu dalam Bahasa Indonesia berarti Pintu Seribu. Itu karena gedung memiliki banyak pintu dan jendela berukuran besar bercorak kuno. Gedung merupakan rancangan arsitek Belanda C Citroen dari Firma JF Klinkhamer dan BJ Quendag tahun 1903 dan selesai tahun 1907. Gedung awalnya untuk kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS, perusahaan kereta api Belanda.

5. Gedung Sate (Bandung, Jawa Barat)

 gedung sate

Banyak kalangan arsitek dan ahli bangunan menyatakan Gedung Sate merupakan bangunan monumental. dinding gedung yang dibangun tahun 1920 ini ternyata, terbuat dari kepingan batu berukuran besar yakni 1×1× 2 meter yang diambil dari kawasan perbukitan batu di Bandung Timur sekitar Arcamanik dan Gunung Manglayang.

Konstruksi bangunan Gedung Sate menggunakan cara konvensional yang profesional dengan memperhatikan standar teknik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini