HUT ke-75 RI, Yuk Jelajahi Perpustakaan Bung Karno yang Penuh Sejarah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2020 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 406 2263344 hut-ke-75-ri-yuk-jelajahi-perpustakaan-bung-karno-yang-penuh-sejarah-ONl2mzL2X1.jpg Perpustakaan Bung Karno (Foto: Inst Blitarhitz)

Sosok Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno menjadi saksi keberhasilan Indonesia melawan para penjajah. Ia menjadi orang yang membacakan naskah proklamasi pada 17 Agustus 1945.

Tak aneh apabila semangat Ir. Soekarno terus menginspirasi masyarakat Indonesia hingga saat ini. Ya, bagi kalian yang ingin menelusuri sejarah luar biasa Ir. Soekarno, maka kamu bisa mengunjungi Wisata Makam Ir. Soekarno di Blitar, Jawa Timur.

 Perpustakaan Bung Karno

Tak hanya itu, di dekat kompleks pemakaman terdapat Perpustakaan Bung Karno yang memiliki segudang sejarah menarik seputar perjuangan beliau. Lokasinya terletak di jalan Kalasan No.1 Kelurahan bendogerit, tepat bersebelahan dengan area Makam Bung Karno.

Merangkum dari situs resmi Dinas Pariwisata Blitar, Senin (17/8/2020), Perpustakaan Bung Karno merupakan perpustakaan bertaraf international dan diresmikan oleh Presiden kelima, Megawati Soekarnoputri pada 3 Juli 2004.

Perpustakaan ini dimaksudkan supaya ide, gagasan, konsep dan pemikiran Bung Karno yang merupakan kekayaan intelektual dan menjadi aset negara yang disejajarkan dengan pemikiran ahli serta ideologi yang berkembang di dunia bisa dipahami segala lapisan masyarakat.

Tujuan utamanya adalah untuk melanjutkan perjuangan bangsa dalam mewujudkan cita-citanya di masa mendatang. Selain konsep dan ide milik Bung Karno, perpustakaan ini juga diisi dua karya seni yang berupa patung Bung Karno yang terletak ditengah gedung A lantai 1.

 Baca juga: Cantiknya Indrian Puspita Rahmadhani, Gadis Aceh Pembawa Baki Bendera Pusaka 2020

Ada pula dinding relief berisi perjalanan hidup Bung Karno yang membentang di pinggir kolam dari arah perpustakaan sampai arah makam. Pada bagian dalam perpustakaan juga terdapat lukisan Bung Karno yang hidup atau bisa berdetak jika dilihat dari arah manapun.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini