Long Weekend Datang! Ini 4 Tips Liburan Aman di Tengah Pandemi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 22:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 406 2264726 long-weekend-datang-ini-4-tips-liburan-aman-di-tengah-pandemi-SyeSmitbgU.jpg Ilustrasi (Foto : Longevita)

Sudah rindu ingin liburan menikmati suasana pantai atau kulineran ke restoran favorit, tapi masih takut tertular virus corona? Cara satu-satunya yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan diri secara matang. Ini termasuk mengeruk informasi seputar destinasi tujuan, serta kebijakan dan protokol kesehatan apa saja yang mereka terapkan.

Di samping itu, Anda juga harus membekali diri dengan perlengkapan tambahan seperti masker, hand sanitizer, tisu disinfektan, serta menjaga jarak sosial. Anda memang dituntut untuk tetap waspada demi mencegah penularan Covid-19.

Nah, berikut ini Okezone rangkumkan secara rinci 4 tips traveling di tengah pandemi Covid-19 agar tetap aman dan nyaman, seperti dikutip dari Mayoclinic.org, Rabu (19/8/2020).

Periksa protokol kesehatan di destinasi tujuan

Liburan

Perlu diektahui bahwa beberapa daerah wisata memiliki kebijakan atau protokol kesehatan yang mungkin berbeda dari daerah asal Anda. Maka dari itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang panduan kesehatan tersebut. Jangan lupa mencatat informasi lain, seperti jam operasional objek wisata, restoran, hotel, dan tempat-tempat lain yang mngkin akan Anda kunjungi saat traveling.

Teliti sebelum mereservasi hotel

Sejak pandemi Covid-19 melanda, industri perhotelan sebetulnya telah menyadari bahwa banyak wisatawan yang enggan berwisata karena takut tertular virus tersebut. Namun belakangan, sudah banyak hotel-hotel yang mengikuti anjuran pemerintah maupun

Kementerian Kesehatan untuk turut serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Beberapa di antaranya bahkan membuat sebuah laporan khusus pada situs resmi, demi menginformasikan kepada calon pengunjung, upaya apa saja yang telah dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Buat daftar perlengkapan traveling

Liburan

Traveling di era new normal memang berbeda dengan masa-masa sebelum pandemi Covid-19 melanda. Sekarang, Anda wajib membekali diri dengan beberapa perlengkapan penting seperti masker, hand sanitizer, dan tisu disinfektan (dengan kadar alkohol 70%). Bawalah dalam jumlah yang cukup banyak, agar Anda tidak perlu repot-repot lagi membelinya saat stock habis.

Selalu waspada

Jangan lengah saat berada di tempat atau fasilitas umum. Ingat, etiap orang memiliki kemungkinan untuk menyebarkan virus corona, bahkan tanpa mengalami gejala sama sekali. Jadi bagi Anda yang mungkin sudah lanjut usia, dan memiliki penyakit penyerta, sebaiknya pertimbangkan lagi bila hendak bepergian. Tinggal di rumah adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari penyebaran virus tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini