Baca Ini Dulu Sebelum Kamu Traveling ke Raja Ampat

Salman Mardira (Okezone), Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 03:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 406 2266125 baca-ini-dulu-sebelum-kamu-traveling-ke-raja-ampat-5jzUNxyZI9.jpg Wisata Raja Ampat (Foto: Salman Mardira)

Setelah sempat ditutup beberapa bulan akibat pandemi Covid-19, pariwisata Raja Ampat, Papua Barat dibuka kembali mulai, pekan lalu. Tahap pertama khusus dibuka untuk wisatawan domestik, sementara turis mancanegara belum diizinkan masuk.

Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat sudah membuat protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru atau new normal pariwisata. Ada berbagai aturan yang harus ditaati tiap wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat selama pandemi virus corona.

 Raja Ampat

"Raja Ampat sudah menyusun protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru pariwasata. Semua protokol kesejatan ini disusun berdasarkan prinsip health, clean, dan menjaga lingkungan," kata Kadispar Raja Ampat Yusdi Lamatenggo kepada Okezone belum lama ini.

"Kita berharap semua wisatawan yang datang ke Raja Ampat ini bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dan mempraktikkan cara yang sehat, bersih dan ramah pada lingkungan," ujarnya.


Baca juga: Pariwisata Raja Ampat Kembali Dibuka, Wisatawan Wajib Registrasi Online

Okezone bersama tim Kemenparekraf berkunjung ke Raja Ampat sekaligus mengikuti simulasi berwisata dengan penerapan protokol new normal pariwisata.

Nah, ini 5 hal yang harus dilakukan saat traveling ke Raja Ampat era new normal. Simak ya!

1. Sebelum berkunjung ke Raja Ampat, pastikan dulu harus punya surat keterangan bebas Covid-19 berupa hasil uji swab negatif atau rapid test non reaktif dari rumah sakit, puskesmas atau klinik resmi.

2. Lalu, registrasi online di www.newnormal-rajaampat.com dan mengisi dokumen kesehatan di aplikasi Health Asessment (HAC) pada www.inahac.kemkes.go.id. Ini akan diminta petugas saat tiba di Raja Ampat.

3. Jangan lupa bawa masker, hand sanitizer, perlengkapan ibadah pribadi, tempat minum pribadi di dalam tas.

4. Masuk ke Raja Ampat sekarang hanya satu pintu yakni lewat Pelabuhan Marina Wisata, Waisai. Jadi pelayaran dimulai dari Kota Sorong, tidak boleh langsung menuju lokasi wisata. Wajib ke Pelabuhan Wisata Waisai untuk diperiksa kesehatan dan surat-surat dulu oleh petugas Posko Gugus Tugas Covid-19.

Di pelabuhan ini sudah ada pusat informasi, jadi silakan tanya langsung ke petugas jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan lagi. Petugas di sini sangat ramah.

5. Setelah lolos pemeriksaan, baru diperkenankan untuk berkunjung ke lokasi wisata yang diinginkan dengan didampingi pemandu lokal. Raja Ampat memiliki banyak sekali objek wisata, mulai dari bahari, wisata alam, hingga birdwatching atau pemantauam burung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini