Share

Wisata Ramah Anak di Lampung, Serunya Petik Buah Melon di Hortipark Pesawaran

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 406 2266311 wisata-ramah-anak-di-lampung-serunya-petik-buah-melon-di-hortipark-pesawaran-yYSHClooYo.jpg Tempat wisata petik buah di Lampung. (Foto: Twitter/@lailadimyati)

AGROWISATA bisa menjadi pilihan terbaik buat kamu yang rindu traveling, tapi masih khawatir dengan adanya pandemi Covid-19. Wisata ini juga terbilang ramah anak, sehingga cocok jadi tempat liburan bersama keluarga.

Seperti diketahui, agrowisata merupakan aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas terkait yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah satunya kegiatan petik buah yang ramah anak.

Bicara soal agrowisata, belum lama ini Lampung meluncurkan sebuah agrowisata baru yakni, Hortipark Pesawaran. Mengutip laman resmi pemerintah Lampung, objek wisata ramah anak ini sengaja diluncurkan untuk meningkatkan produktivitas para petani di Kabupaten Pesawaran, yang juga penyanggah Kota Bandar Lampung.

Lantas, seperti apa daya tariknya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Jenis tanaman

hortipak

Meski lahan pertanian Hortipark Pesawaran tidak terlalu luas, objek wisata tersebut diketahui membudidayakan beberapa tanaman yang masuk dalam keluarga cucurbitaceae (melon, semangka dan labu).

Menurut penuturan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, ide menanam tanaman horti cucurbitaceae tidak terlepas dari intruksi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

"Tanaman horti yang bisa cepat tumbuh dan mempunyai teknologi yang mempuni dan mudah untuk bisa ditanam oleh masyarakat yaitu Melon Golden dan Semangka Golden. Ide ini juga muncul karena karena adanya Covid-19, kita manfaatkan momen krisis ini menjadi sebuah hal yang luar biasa dan bagaimana petani kami agar lebih bisa produktif lagi," ujar Dendi.

Baca Juga: Liburan ke Labuan Bajo, Asyiknya Salmafina Sunan Berjemur Pakai Bikini

Ukuran buahnya besar-besar

hortipark

Dalam kesempatan yang berbeda, seorang pengguna twitter dengan akun @lailadimyati menjelaskan bahwa ukuran melon dan semangka di Hortipark Pesawaran ternyata cukup besar. "Melonnya gede. 2/3 muka gue ya cobak," tulis Laila.

Sementara untuk rasa dan teksturnya memang beragam, mengingat ada beberapa varietas yang dibudidayakan oleh pihak pengelola. Sebut saja melon. Laila mengatakan ada 4 varietas yang dibudidayakan di tempat ini.

"Ada 4 jenis melon: sky (yg ijo biasa kita makan sehari - hari), rocket (jaringnya tebel, dalemnya jingga), honey (luarnya putih dalemnya jingga, manis banget tp kering), dan golden (kulitnya kuning keemasan, isinya manis crunchy airnya banyak," kata wanita yang berprofesi sebagai Q-Grader itu.

Belajar budidaya

hortipark

Wisatawan juga bisa belajar mengenai budidaya melon maupun semangka. Sayangnya, untuk saat ini pengelola tidak memperkenankan wisatawan memetik sendiri buah-buahan tersebut. Karena dikhawatirkan mereka belum terlalu paham untuk mengidentifikasi buah yang benar-benar sudah matang dan manis.

Jangan khawatir, di pintu masuk wisatawan bisa langsung mencicipi sensasi rasa manis semangka dan melon hasil budidaya Hortipark Pesawaran.

"Di pintu masuk, kita bisa beli produknya. Walaupun harganya sama dengan swalayan, tapi buah-buahan ini petik matang di pohon. Rasa manisnya beda banget dengan melon beli di swalayan," kata Laila.

Tiket masuk dan rute menuju ke lokasi

hortipark

Untuk menuju lokasi, wisatawan bisa menggunakan pribadi dari adah Kemiling menuju Pringsewu. Setelah sampai di Tugu Cokelat Pesawaran, bisa langsung belok kanan. Lokasinya tidak jauh dari Samsat Pesawaran. Anda juga bisa menggunakan peta digital untuk menunjukkan arah. Harga tiket masuk Hortipark Peaawaran terbilang terjangkau yakni, Rp10 ribu saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini